Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Problem Based Learning berbantu Media Konkret Kelas IV SDN Sambirejo 02

Authors

  • Anisa Nurul Haliza Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, Media Konkret, Model Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah karena model yang diterapkan belum tepat, sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. serta media pembelajaran yang digunakan tidak konkret. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN Sambirejo 02 Semarang. melalui penerapan model Problem Based Leraning berbantu media konkret. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Data yang digunakan tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Data awal banyak peserta didik yang nilainya belum tuntas KKM. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan metode pembelajaran yang inovatif. Siklus I dan siklus II mengalami kenaikan persentase ketuntasan. Siklus I sebanyak 22 (75,86%) peserta didik yang tuntas dengan kategori sedang. Pada siklus II sebanyak 27 (93,10%) peserta didik yang tuntas dengan kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SDN Sambirejo 02 Semarang.

References

Arimbi , E., Kasiyun, S., Romadhona , N ., & Machbul, C. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SD melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Konkret. Jurnal National Conference for Ummah, (01)01. https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1103

Ariyani, B., Firosalia, K. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, (5)2. DOI: https://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Daryanto. 2010. Belajar Dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya

Febriana., Siwi, D & Rahayu, C. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Benda Kongkret. Journal of Education Research, (4)3. http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif/article/view/110 Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Kustandi, Cecep., dan Sutjipto, Bambang. (2011). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Munadi Yudhi.2013. Media Pembelajaran. Jakarta selatan: G P Press Group

Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education, 5 (36). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/5367

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Saefuddin, A & Berdiati, I. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali.

Sianipar, H., Panjaitan, M., Sitio & Sitio, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III SD Negeri 098019 Simpang Panei. Jurnal Pendidikan dan Konseling, (4)5. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/8521

Syafril & Zelhendri, Z. 2017. Dasar Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana

UU No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Haliza, A. N. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Problem Based Learning berbantu Media Konkret Kelas IV SDN Sambirejo 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2772–2779. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5436

Issue

Section

Prosiding 2023