PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF CANVA KELAS III SD SUPRIYADI 02

Authors

  • Hasnan Nur Fauzi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

problem based learning, media interaktif canva, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Supriyadi 02 Kota Semarang melalui model problem based learning berbantuan media interaktif berbasis canva. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur penelitian melalui perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 kali siklus dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 30. Hasil dari penelitian ini yaitu, dalam siklus I rata-rata hasil belajar siswa 68,67 dengan persentase ketuntasan klasikal 50%. Sementara dalam siklus II rata-rata hasil belajar siswa mencapai nilai 78 dengan persentase ketuntasan klasikal 76,67%. Pada siklus III rata-rata hasil belajar meningkat sampai nilai 86,33 dengan persentase ketuntasan klasikal 90%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan media interaktif berbasis canva pada siswa kelas III SD Supriyadi Kota Semarang.

References

Ahmad, M., & Asmaidah, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik untuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 373-384.

Aris, Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Berkurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ Media.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Budiningsih, C. Asri. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Erowati, M. T. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SDN Sumberejo 01. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).

Hardini, Isriani., Puspitasari, D. 2017 Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia.

Ibrahim, R & Nana Syaodih S. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jakawali, G., & Damaianti, V. S. (2022). EFEKTIVITAS MODEL PICTURE AND PICTURE PADA KETERAMPILAN MENULIS LANJUT SISWA SEKOLAH DASAR. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 336-347).

Mustika, R. A., & Kusdiyati, S. (2015). Studi deskriptif student engagement pada siswa kelas XI IPS di SMA Pasundan 1 Bandung. Prosiding Psikologi, 244-251.

Nurdin, S. (2016). Guru Profesional dan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 1(1), 1-12.

Purwaningsih, I., Oktariani, O., Hernawati, L., Wardarita, R., & Utami, P. I. (2022). Pendidikan sebagai Suatu Sistem. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 10(1), 21-26.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan aktivitas belajar matematika melalui pendekatan problem based learning bagi siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241-250.

Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. April, 0–16. Diakses pada, 22.

Sandria, A., Asy'ari, H., & Fatimah, F. S. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 63-75.

Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., & Amtiran, A. (2020). Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 11-24.

Suprijono, Agus. (2017). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM(XVII). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suryani, Nunuk, dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bndung: Remaja Rosdakarya. 12

Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wibawa, S. (2018). Pendidikan dalam Era Revolusi Industri 4.0. Indonesia.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Fauzi, H. N. . (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF CANVA KELAS III SD SUPRIYADI 02 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2841–2849. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5444

Issue

Section

Prosiding 2023