UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBLEJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VI B SDN PANDEANLAMPER 03

Authors

  • Isnayni Erfin Iswanto Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang
  • Maryati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem based learning, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi bilangan bulat siswa kelas VI B SDN Pandeanlamper 03 melalui model pembelajaran problem based learning (PBL). Model Pembelajaran PBL merupakan suatu pendekatan yang menekankan pada pemecahan masalah nyata dalam konteks yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 28 siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki kelas VI B SDN Pandeanlamper 03 sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian tindakan kelas dan dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan yang terdiri dari (4 x 35 menit) atau 4 jam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran PBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI B SDN Pandeanlamper 03. Hal ini dapat dilihat dari persentasi ketuntasan dan rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan yang signifikan setelah mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning. Pada kondisi awal atau pra siklus dari jumlah 28 siswa persentase ketuntas hanya 46% dengan rata-rata nilai 66,8. Pada siklus I persentase ketuntasan 68% dengan rata-rata nilai mencapai 76,4. Pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 93% dengan rata-rata nilai mencapai 90,4. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan praktik pembelajaran di tingkat awal pendidikan.

References

Amir, N., Rusmono, D., & Setiawati, L. (2017). Pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap peningkatan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran ipa. Educational Technologia, 1(2).

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.

Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2012). Problem-Based Learning. Satya Widya, 28(2), 167-174.

Istiatutik, I. (2017). Penerapan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 1(1), 45-51.

Lidnillah, D. A. M. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). J Pendidik Inov UPI Educ.

Niken, N., & Susanto, S. (2012). Penerapan Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Reciprocal dalam Mengatasi Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Kelas IX SMP N 1 Pakusari Pokok Bahasan Statistika Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, 3(3).

Sandria, A., Asy'ari, H., & Fatimah, F. S. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 63-75.

Shoimin, A. (2019). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal riset pendidikan matematika, 2(2), 175-185.

Widayanti, L. (2014). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan metode problem based learning pada siswa kelas viia mts negeri donomulyo kulon progo tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal fisika indonesia, 17(49

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Iswanto, I. E. ., Huda, C. ., & Maryati. (2023). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBLEJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VI B SDN PANDEANLAMPER 03. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2858–2865. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5446

Issue

Section

Prosiding 2023