256. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tema 8 Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Diorama pada Kelas V SDN Brumbung

Authors

  • Mentari Dharma Santi Universitas PGRI Semarang
  • Harto Nuroso Universitas PGRI Semarang
  • Nurjanah SDN Brumbung

Keywords:

Problem Based Learning, Diorama, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tema 8 dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media diorama. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di kelas V SD Negeri Brumbung dengan jumlah peserta didik 29 anak, yang berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik dan variabel bebasnya adalah model Problem Based Learning berbantuan media diorama. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media diorama pada pra siklus memperoleh nilai rata-rata 62 dan persentase ketuntasan peserta didik mencapai 41%. Siklus I memperoleh nilai rata-rata 72 dan persentase ketuntasan peserta didik mencapai 66%. Peningkatan hasil belajar pada siklus II nilai rata-rata sebesar 81 dan persentase ketuntasan peserta didik sebesar 83%. Jadi, penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar Tema 8 peserta didik kelas V SD Negeri Brumbung.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Santi, M. D., Nuroso, H., & Nurjanah. (2023). 256. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tema 8 Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Diorama pada Kelas V SDN Brumbung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2270–2279. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4331

Issue

Section

Prosiding 2023