88. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN Ngempon 02 Materi Perbandingan Melalui Model PBL Berbantu Media Konkrit

Authors

  • Sylviana Andriani
  • Iin Purnamasari
  • Danik Sri Wahyuni

Keywords:

hasil belajar, media konkrit, Model Problem-Based Learning (PBL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 di SD Negeri Ngempon 02 dalam materi perbandingan melalui penerapan Model Problem-Based Learning (PBL) berbantu media konkrit. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan kolaborasi antara peneliti dan guru sebagai mitra penelitian. Pada tahap perencanaan, peneliti merancang rencana pembelajaran yang mencakup tujuan pembelajaran, materi yang akan diajarkan, aktivitas yang akan dilakukan, dan evaluasi yang akan dilakukan. Model PBL digunakan sebagai pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa melalui pemberian masalah dari dunia nyata di awal pembelajaran, sedangkan media konkrit digunakan untuk membantu siswa memahami konsep perbandingan dengan lebih baik. Penerapan Model PBL berbantu media konkrit dilakukan dalam beberapa pertemuan. Observasi dilakukan untuk mengamati interaksi siswa, keterlibatan mereka dalam pembelajaran, dan perubahan dalam pemahaman mereka tentang perbandingan. Hasil belajar siswa dievaluasi melalui skor evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan Model PBL berbantu media konkrit. Siswa menunjukkan keterlibatan yang lebih aktif dalam proyek dan menggunakan media konkrit dengan antusias. Mereka juga menunjukkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep perbandingan, yang tercermin dalam peningkatan skor evaluasi. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru-guru dan sekolah-sekolah mempertimbangkan penggunaan Model PBL berbantu media konkrit dalam mengajar materi perbandingan kepada siswa kelas 1. Kolaborasi antara peneliti dan guru juga penting dalam mengembangkan metode pembelajaran yang efektif. Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk melibatkan lebih banyak sekolah dan kelas dalam rangka memperluas cakupan penelitian ini.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Andriani, S. ., Purnamasari, I. ., & Wahyuni, D. S. . (2023). 88. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN Ngempon 02 Materi Perbandingan Melalui Model PBL Berbantu Media Konkrit. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 789–798. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3945

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)