Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas II SDN Sambirejo 02

Authors

  • Rifqi Atussilmi Universits PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila

Abstract

Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang inovatif dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik di SDN Sambirejo 02 yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa presentase dari hasil belajar Pendidikan Pancasila antara pra siklus dan setelah siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila. Sebanyak 28 peserta didik kelas II SDN Sambirejo 02 menjadi peserta penelitian. Ukuran ketuntasan kelas minimal 70. Hasil sebelum dilakukan tindakan yaitu pada pra siklus hanya 8 peserta didik atau 29% yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 17 peserta didik atau 61% yang tuntas belajar Pendidikan Pancasila dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 24 siswa yang tuntas belajar Pendidikan Pancasila atau 86%. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥ 80% dari seluruh peserta didik.

References

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361.

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian matematika Dan Pendidikan matematika, 3(2), 71-78.

Juliandri, J., & Anugraheni, I. (2020). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 21-27.

Nur Fatikha Mulya, I., Prima Artharina, F., & Miyarti. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 1 Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Ppt Interaktif Di Kelas III SDN 3 Bawu Tahun Pelajaran 2022/2023. MALIH PEDDAS, 12(2), 112–124.

Pandu, R., Purnamasari, I., & Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Pena Edukasia, 1(2), 127–134.

Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Saptaningrum, E., & Nuvitalia, D. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Materi Alat Optik Melalui Problem Based Learning. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 338–345.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Rifqi Atussilmi. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas II SDN Sambirejo 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2963–2969. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5457

Issue

Section

Prosiding 2023