PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN AKIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD SUPRIYADI 02

Authors

  • Bashrul Muna Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Media Konkret, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Berdasarkan pada temuan di kelas IV SD, guru dalam mengajar masih secara konvensional dan kurangnya aktivitas belajar peserta didik menyebabkan rendahnya hasil belajar kognitif. Maka dari itu, penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV SD Supriyadi 02 dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media konkret. Jenis penilitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Terdapat 4 tahapan disetiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refeksi. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Supriyadi 02 Tahun Ajaran 2023/2024, sebanyak 28 peserta didik. Hasil penelitian ini aktivitas belajar peserta didik rata-rata nilai pada siklus I sebesar 76,79 mengalami peningkatan menjadi 86,25 pada siklus II. Hasil belajar peserta didik mencapai KKM atau tuntas pada prasiklus berjumlah 12 atau 43% ketuntasan klasikalnya, pada siklus I berjumlah 21 atau 75%, dan pada siklus II 24 atau 86%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media konkret berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Supriyadi 02.

References

Agus, J., Agusalim, A., & Irwan, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6963-6972.

Agustin, V. N. (2013). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2(1).

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (1 ed.). Bumi Aksara.

Aqib, Z. 2014. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Amrullah, Lalu Juniardiansah dan Arini Ni Wayan. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Vol. 1 No. 1.

Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 15.

Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Bo0pllased Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59-64.

Haerullah, Ade dan Said Hasan. (2017). Model dan Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Lintas Nalar CV.

Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif IPA pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal basicedu, 5(3), 1509-1517.

Hisyam Zaini, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD, 2010, hlm. 123

Isjoni. (2007). Pembelajaran Visioner. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Martimis Yamin, Kiat Membetajarkan Peserta didik, Jakarta: Gaung Persada Press, 2007, hlm 82

Martin, R., & Simanjorang, M. M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 125-134.

Minsih, M. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi pendidikan dasar, 5(1), 20-27.

Ningrum, E. F., Agrissto, & Kun. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Kompetisi Bangun Datar (Pakom Bantar) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Prosiding 14th Urecol: Seri Pendidikan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Cilacap.

Nugroho, L. A., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Peranan Reward Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tema 9 Kayanya Negeriku Di Kelas IV SD Negeri Pungsari 1 Kecamatan Plupuh. Educatif Journal of Education Research, 3(4), 30-36.

Nuraini, F. (2017). Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas 5 SD. E-Jurnal mitra pendidikan, 1(4), 369-379.

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194-202.

Purwanto, M. Ngalim. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, A. (2020) Peningkatan Hasil Belajar Keragaman Budaya Melalui Model Problem Based Learning di SDN Prawit 1 Surakarta. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2011, cet.ke-11, hlm. 95-96

Sarimuddin, S., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Ipa Peserta didik Kelas V Sd Di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 281-288.

Santosa, A. W., Amelia, M. A., & Sarwi, M. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kelas V SD Negeri Sudimoro 2 Tahun Ajaran 2021/2022. Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 234-239.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (28 ed.). Alfabeta

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Muna, B. . (2023). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN AKIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD SUPRIYADI 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3118–3125. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5476

Issue

Section

Prosiding 2023