Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Konkret Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotor IPAS Siswa Kelas V
Keywords:
Project Based Learning, Media Konkret, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model Project Based Learning berbantuan media konkret terhadap hasil belajar psikomotor siswa kelas V, yang mana hasil belajar psikomotor siswa sebelumnya belum memuaskan karena kurangnya perhatian guru, penggunaan media yang terbatas, dan siswa kehilangan semangat saat pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Berdasarkan hasil penelitian, model Project Based Learning berbantuan media konkret terbukti mampu menunjang hasil belajar psikomotor siswa kelas V dalam mata pelajaran IPAS secara signifikan. Selama tiga siklus penelitian, terlihat peningkatan yang konsisten dalam jumlah siswa yang berhasil menyelesaikan materi pelajaran, sementara jumlah siswa yang tidak berhasil mengalami penurunan yang signifikan.
References
Destrinelli, D., Hayati, D. K., & Sawinty, E. (2018). Pengembangan Media Konkret Pada Pembelajaran Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313–333. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6754
Eliza, F., Suriyadi, S., & Yanto, D. T. P. (2019). Peningkatan Kompetensi Psikomotor Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SMKN 5 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 57–66. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.427
Herawati, W., Wahyuni, S., Nurlatifah, M., & Fauziyah, M. U. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Multımedıa Interaktıf Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa. Journal of Innovation in Primary Education, 1(2), 76–83.
Made Ayu Suryantari, N., Pudjawan, K., Made Citra Wibawa, I., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2019). LOGO Jurnal Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421
Relmasira, S. C., & Tyas Asri Hardini, A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) A R T I C L E I N F O. Journal of Education Action Research, 3, 285–291. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Salsabila, A. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. In Jurnal Pendidikan dan Dakwah (Vol. 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Setyawan, D. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155–163. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473
Silvia Indahwati, D., & Husni Abdullah, M. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Vol. 07).
Sobron A N, Bayu, & Rani. (2019). PERSEPSI SISWA DALAM STUDI PENGARUH DARING LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR IPA (Vol. 1, Issue 2).
Tiara Diar Wahyunita Penulis, S., Hidayatus Penulis, O. S., & Budyartati, S. (n.d.-a). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Pengaruh model Project Based Learning berbantu lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada materi IPAS kelas IV. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Tiara Diar Wahyunita Penulis, S., Hidayatus Penulis, O. S., & Budyartati, S. (n.d.-b). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Pengaruh model Project Based Learning berbantu lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada materi IPAS kelas IV. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID