Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Konkret
Keywords:
Problem Based Learning, Media Konkret, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model Problem Based Learning berbantu media konkret pada peserta didik kelas III SDN Karangrejo 02 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Karangrejo 02 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 18 peserta didik, terdiri dari 8 perempuan dan 10 laki-laki. Berdasarkan hasil belajar pada pra siklus menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik masih di bawah KKM yaitu persentase ketuntasan 39% dengan nilai rata-rata 56%. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 67% dengan nilai rata-rata 69%. Kemudian, pada Siklus II, ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 83% dengan nilai rata-rata 87%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui model Problem Based Learning berbantu media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.
References
A.Machin, 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. (Online), JPPI 3 (1) (2014) 28–35 (http://journal.unnes.ac.id/nju/ index.php/jpii
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara
Arista, Khoirul. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas 2 SD. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2, 195–196.
Anugraheni, I. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Metaanalysis of Problem Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Achool] polyglot: Jurnal Ilmiah. 14(1), 9-18.
Febriani, D., & Rahmatina, R. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2354-2359
Gita, N., & Bella, C. (2022). Filsafat matematika sebagai pembentukan karakteristik pada media pembelajaran. jurnal dunia ilmu, 2(3), 1-8
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-analisis model pembelajaran Problem Based Learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-1355.
Harahap, O. F. M., Mastiur Napitupulu, S. K. M., & Batubara, N. S. (2022). Media pembelajaran: teori dan perspektif penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa inggris. CV. AZKA PUSTAKA.
Karlina, E. 2017. Analisis Pembelajaran Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dengan Menggunakan Kurikulum 2013 di SMAN 46 Jakarta. Reseach and Development Journal of Education, 1(1).
Mawardi, 2014. Penyesuaian Komponen-Komponen PTK Setelah Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013. UKSW Salatiga.
Pauziah. 2019. Meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan media kongkrit. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 1 Nomor 1: 3.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. In Ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: CV. Alfabeta.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS.
Yantik, Suttrisno & Wiryanto. (2022). Desain media pembelajaran flash card math dengan strategi teams achievement division (stad) terhadap hasil belajar matematika materi himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420 – 3427.