PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS X-8 SMA NEGERI 10 SEMARANG
Keywords:
keterampilan berkomunikasi, penelitian tindakan kelas, problem based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi peserta didik kelas X-8 SMA Negeri 10 Semarang pada materi Virus melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan karena ditemukannya peserta didik yang masih belum bisa menyatakan ide-ide dengan jelas, mendengarkan pendapat orang lain, merespon orang lain dengan cara yang baik dan mengajukan pertanyaan dengan baik. Hal tersebut membuktikan bahwa masih rendahnya nilai keterampilan berkomunikasi yang dimiliki peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya suatu tindakan yang dapat meningkatkan nilai keterampilan berkomunikasi tersebut. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitian yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas X-8 SMA Negeri 10 Semarang yang berjumlah 36 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai keterampilan berkomunikasi peserta didik dengan 10 indikator yang dibagi menjadi 3 aspek keterampilan berkomunikasi yaitu keterampilan berkomunikasi lisan dari 45,60% menjadi 87,50%, keterampilan berkomunikasi tulisan dari 51,38% menjadi 81,25% dan keterampilan berkomunikasi interpersonal dari 48,84% menjadi 93,05%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi peserta didik kelas X-8 pada materi Virus.
References
Arends, R. I. (2015). Learning to Teach Tenth Edition. New York: McGraw-Hill Education.
Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Choridah, Dedeh, T. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposissi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2 (2).
Dewi, S. S., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2020). Penerapan model inside outside circle untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dalam pembelajaran IPA di kelas tinggi. utile: Jurnal Kependidikan, 6(1), 86-91.
Ftitahurrahimah, I., Andayani, Y., & Al Idrus, S. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 7.
Hafied Cangara. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Hidayat, I. (2013). Pengaruh Antara Kreativitas Dan Keterampilan Berkomunikasi Kepala Sekolah Terhadap Pencapaian Program Sekolah (Studi pada SMP di Kabupaten Ciamis). Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 1(1), 73-78.
HUDRIANI, E. (2019). Analisis Keterampilan Berkomunikasi Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Pada Materi Hidrokarbon Dan Minyak Bumi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.
Indrawan, Y., & Aprianti, A. (2019). Komunikasi interpersonal orang tua dan anak tiri dalam membangun kepercayaan. eProceedings of Management, 6(2).
Kristiyani, T. (2006). Efektivitas Metode Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Mata Kuliah Teori Psikologi Kepribadian II. Jurnal Psikologi, 33(1), 17-32.
Lufri, L., Elmanazifa, S., & Anhar, A. (2021). the Effect of Problem-Based Learning Model in Information Technology Intervention on Communication Skills. Jurnal Ta’dib, 24- 46.
Nasihah, E. D., Supeno, S., & Lesmono, A. D. (2020). Pengaruh tutor sebaya dalam pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis fisika siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 44-57.
Pratama, M. A. R., Cahyono, E., & Aggraito, Y. U. (2019). Implementation of Problem Based Learning Model to Measure Communication Skills and Critical Thinking Skills of Junior High School Students. Journal of Innovative Science Education, 8(3), 324–331.
Rickheit, G., & Strohner, H. (Eds.). (2008). Handbook of communication competence (Vol. 1). Walter de Gruyter.
Riduwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Triana, Mella. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self- Concept Siswa. Skripsi. Lampung: Unila. Tidak diterbitkan
Wahab, A., Kosilah, M. P., Sanwil, T., Rusnawati, M. A., Handayani, G., Hawa, S., ... & Syarifuddin, M. P. (2021). Teori dan Aplikasi Ilmu Pendidikan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Wati, M. Y., Maulidia, I. A., Irnawat, I., & Supeno, S. (2019). Keterampilan komunikasi siswa kelas VII SMPN 2 jember dalam Pembelajaran IPA dengan model Problem Based Learning pada materi kalor dan perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 275-280.