30. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Engklek Soal Pada Tema 7 Kelas Ii SD 1 Payaman

Authors

  • Dewi Maulida Sari
  • Muhammad Prayito
  • Neni Sulistianingrum

Keywords:

Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Peserta didik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan Bahasa Indonesia dan PPKn melalui penerapan model problem based learning  berbantuan media engklek soal di kelas II SD 1 Payaman. Penelitian Tindakan Kelas  yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing  masing tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD 1 Payaman yang terdiri dari 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Model Pembelajaran problem based learning  adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktf terlibat dalam proses pembelajarandengan melakukan pemecahan masalah secara mandiri. Dalam model ini terdapat 5 tahapan yaitu : (1) orientasi peserta didik pada masalah; (2) mengorganisaskan peserta didik untuk belajar; (3) membimbing penyelidikan individual dan kelompok (4) mengembangkan dan menyajikan;(5) menganalisis dan mengevaluasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar pada ranah pengetahuan dan ranah keterampilan. Pada ranah pengetahuan muatan Bahasa Indonesia diperoleh hasil padasiklus I sebesar 74% menjadi 81% pada siklus II. Sedangkan muatan PPKn diperoleh hasil sebesar78% dan mengalami peningkatan 81%. Pada ranah keterampilan pada muatan Bahasa Indonesia diperoleh hasil pada sklus I sebesar 76% menjadi 86% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model problem based learning  dengan media engklek soal pada peserta didik kelas II SD 1 Payaman. 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Sari, D. M. ., Prayito, M. ., & Sulistianingrum, N. . (2023). 30. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Engklek Soal Pada Tema 7 Kelas Ii SD 1 Payaman. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 250–256. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3906

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)