137. Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas Melalui Model Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas VII E SMP Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Endah Sulistyoningsih
  • Ngatmini
  • Theresia Danik Kristanti

Keywords:

Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran PBL

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis surat dinas pada peserta didik yang masih belum sesuai dengan harapan. Kurangnya pengetahuan keterampilan dalam menulis surat dinas dengan baik dan tepat dalam proses pembelajaran di kelas. Persentase nilai menulis surat dinas dengan kategori sangat baik mencapai 38,23%, kategori baik mencapai persentase hingga 52,94%, dan kategori kurang sebesar 8,83%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis surat dinas melalui model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VII E SMP Negeri 6 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus terdiri dari dua pertemuan tiap siklusnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hasil tes peserta didik, lembar observasi, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan menggunakan model Problem Based Learning pada siklus I menunjukkan peningkatan keterampilan menulis surat dinas dengan didapatkan nilai rat- rata 87,20. Hal ini dapa dilihat terjadinya peningkatan cukup signifikan sebesar 10 dari kegiatan prasiklus. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran menulis surat dinas dengan mengacu pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan dikusi secara berkelompok dari peserta didik dalam menyelesaikan sebuah masalah yang diberikan.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Sulistyoningsih, E. ., Ngatmini, & Kristanti, T. D. . (2023). 137. Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas Melalui Model Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas VII E SMP Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1260–1269. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4078

Issue

Section

Prosiding 2023