137. Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas Melalui Model Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas VII E SMP Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023
Keywords:
Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran PBLAbstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis surat dinas pada peserta didik yang masih belum sesuai dengan harapan. Kurangnya pengetahuan keterampilan dalam menulis surat dinas dengan baik dan tepat dalam proses pembelajaran di kelas. Persentase nilai menulis surat dinas dengan kategori sangat baik mencapai 38,23%, kategori baik mencapai persentase hingga 52,94%, dan kategori kurang sebesar 8,83%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis surat dinas melalui model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VII E SMP Negeri 6 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus terdiri dari dua pertemuan tiap siklusnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hasil tes peserta didik, lembar observasi, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan menggunakan model Problem Based Learning pada siklus I menunjukkan peningkatan keterampilan menulis surat dinas dengan didapatkan nilai rat- rata 87,20. Hal ini dapa dilihat terjadinya peningkatan cukup signifikan sebesar 10 dari kegiatan prasiklus. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran menulis surat dinas dengan mengacu pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan dikusi secara berkelompok dari peserta didik dalam menyelesaikan sebuah masalah yang diberikan.