PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL

Authors

  • Deviani Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif, Multimedia Interaktif, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar yang dikhususkan pada visual activity dan oral activity dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI pada pembelajaran Biologi melalui Pemanfaatan Multimedia Interaktif Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 6 Semarang yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan: (a) observasi, (b) wawancara dan (c) tes. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar yang dibuktikan dengan persentase rata-rata aktivitas belajar pada siklus I sebesar 65,19% dan meningkat melebihi target 70% menjadi 86,65% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar kognitif dibuktikan dengan nilai rata-rata 75,14 pada siklus I dan meningkat menjadi 83,05 pada siklus II. Persentase ketuntasan siswa dengan KKM ≥80 juga terus meningkat dari siklus I sebesar 54,28% menjadi 80,55% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Multimedia Interaktif Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa.

References

Abrori, M., & Muali, C. (2020). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–16. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/jumpa

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (Cetakan Kelima belas). Jakarta: Rineka Cipta

Arnada, E. Z., & Putra, R. W. (2018). Implementasi Multimedia Interaktif Pada Paud Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Idealis, 1(5), 393–400.

Asmuni, J. S. (2023). STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PBL DAN AIR TERHADAP Info Artikel Abstrak Kemampuan literasi , numerasi dan sains pasti berakar dari proses pembelajaran yang kurang bermutu . Pendidikan di Indonesia kurang berkompetisi secara internasional dan sistem in. 6(024), 1–7.

Buchori, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Kemampuan Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104–115.

Buchori, A. & K. (2016). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Materi Passing Bola Voli. Jurnal Kejaora, 1(2), 29–43.

Fauzi, K. (2021). Alternasi Media Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.188

Handayani, R., Minarti, I. B., Mulyaningrum, E. R., & Sularni, E. (2023). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila melalui Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA di SMPN 37 Semarang. 06(01), 518–525.

Hanifah, L. N., & Mulyaningrum, E. R. (2021). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Protista Di Sma Negeri 1 Godong. Jurnal Ilmiah Edukasia, 1(1), 112–128. https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7970

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Ngatiyem, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(2), 149–157. https://doi.org/10.51878/action.v1i2.637

Nurbaya, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN 19 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 106–113. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/29

Putri, C. D., Pursitasari*, I. D., & Rubini, B. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi STEM Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 193–204. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.17859

Rohani, Ahmad. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Bhineka Cipta

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.

Widayanti, R., & Dwi Nur’aini, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Deviani. (2023). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3758–3773. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5707

Issue

Section

Prosiding 2023