PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM GERAK

Authors

  • Siti Nur Alimah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

aktivitas belajar, hasil belajar kognitif, problem based learning, sistem gerak

Abstract

Aktivitas belajar dapat berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Apabila aktivitas belajar peserta didik kurang optimal akan menyebabkan hasil belajar kognitif peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik dengan penerapan model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, di mana setiap siklus melibatkan perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa kelas XI MIPA 5 di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar dan instrumen tes untuk mengukur hasil belajar kognitif peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas kolaboratif yang telah dilaksanakan, penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar pada materi sistem gerak di kelas XI MIPA 5 dengan presentase rata-rata pada siklus I sebesar 68.6% (kategori sedang) menjadi 79% (kategori baik) pada siklus II. Selain itu pada hasil belajar kognitif peserta didik juga mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan klasikal dari 77% (kategori sedang) pada siklus I menjadi 85.18% (kategori tinggi) pada siklus II. Hasil ini menunjukkan peningkatan sebesar 8.18%.

References

Akib. (2013). Penelitian Tindakan Kelas Untuk SMA, SMP, dan SMK. Bandung: Alam Widya.

Arends, I, R., & Soetjipto, H. P. (2008). AREND 2008. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendi, M. (2016). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 24-70

Hartatik, S. (2022). Penerapan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Sesuai Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(5), 5–24.

Kahar, L., & Ili, L. (2022). Implementasi Project Based Learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 127–134.

Kasmawati. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Metode Demonstrasi Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 19 Kubu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. 3(2), 14-50

Lathifah, N. H., Kusasi, M., & Rusmansyah, R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Hidrokarbon Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(1), 1–85.

Latif, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Eduscience, 7(2), 1–9.

Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Kelas Vi Sd. Jurnal Basicedu, 4(1), 149–157.

Ningsih, P. R., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas III. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1587–1593.

Novelita, N., & Darmansyah. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kurikulum Merdeka Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 2(2), 56-60

Nurwahyunani, A., Minarti, I. B., Nabila, R. A., Pramaista, A. S., Salsabila, A. T., Saputro, B. P., ... & Khoriyan, M. W. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Biologi: Literature Review. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 262-269.

Rerung, N., Widyaningsih, I. L. S. S., & Wahyu, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 2(2), 67–72.

Sardiman. (2018). Interaksi & motivasi belajar-mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Siregar, W. D., & Simatupang, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 2(2), 91.

Yunita, Kusmiati, & Afria. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Problem Based Learning Pada Konsep Sistem Koloid. Jurnal Pendidikan Islam. 7(1), 82–9

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Alimah, S. N. . (2023). PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM GERAK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3667–3674. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5696

Issue

Section

Prosiding 2023