Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Kreativitas Kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 11 Semarang
Keywords:
Canva, Hasil Belajar, Kreativitas, PBLAbstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengambil judul Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Kreativitas Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Kelas XII Mipa 5 SMA Negeri 11 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kognitif dan kreativitas peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan setelah menggunakan model problem based learning berbantuan canva dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas XII MIPA 5 di SMA N 11 Semarang yang berjumlah 36 orang, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 22 siswa Perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil belajar pada siswa kelas XII MIPA 5 mengenai materi pertumbuhan dan perkembangan mengalami peningkatan pada saat setelah diberikan pemahaman materi menggunakan metode problem based learning berbantuan canva, ketuntasan yang diperoleh siswa kelas XII MIPA 5 pada tahap prasiklus yaitu 39% sedangkan pada Siklus I sebesar 53% dan Siklus 2 sebesar 86%. Kemampuan kreativitas peserta didik XII MIPA 5 SMA Negeri 11 Semarang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya saat diberi pembelajaran melalui model problem based learning berbantuan canva diantaranya pada poin berpikir lancar mengalami peningkatan sebesar 18%, pada poin berpikir luwes sebesar 17%, pada poin berpikir orisinil sebesar 5%, dan poin berpikir detail sebesar 12%. Sehingga terdapat pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Kreativitas Kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 11 Semarang.
References
UU Nomor 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Birgli, B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71–71. https://doi.org/10.18200/jgedc.2015214253
Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa pada Mata Kuliah English for Information Communication and Technology. Bangun Rekaprima, 7(2), 80–89. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/3000/107647
Musyadad, Vina Febiani; Asep, Supriatna dan Parsa, Sri Mulyati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswapada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia (Jurnal Karya Umum dan Ilmiah).
Supiadi & Julung. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64. http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/8183
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245