UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG
Keywords:
Media digital, pemahaman konsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Biologi melalui media pembelajaran digital. Hasil yang diperoleh dari nilai tes Biologi kelas XI-1 SMA Kesatrian 2 Semarang masih rendah dan karakteristik siswa suka bermain ponsel saat pembelajaran berlangsung harus merupakan suatu masalah yang perlu diperbaiki. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam penelitian ini diperoleh data kuantitatif berupa skor hasil tes siswa. Hasil tes pemahaman konsep Biologi kelas XI-1 menggunakan media pembelajaran digital meningkat dari siklus I sampai siklus II secara berturu-turut nilai rata-rata kelas dari pra siklus adalah 62.5, siklus I adalah 74.3, dan siklus II yakni 92.
References
Centauri, B. (2019). Efektivitas Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif Di SDN-7
Darmawiguna, I. G. M., Santyadiputra, G. S., & Pradnyana, G. A. (2019).Pelatihan Implementasi Gamifikasi dalam Pembelajarandengan Platform Kahoot bagi Guru di SMK Negeri 1 Nusa Penida. Prosiding SENADIMASKe-4, 23(II), 31–37
Education Indiana Univercity Kokomo, 2006. Concept learning focused on the apect of category formation and the use of concepts to interpret experiences and solve problems
Lewis, Catherine C, 2002. Lesson Study: A Hand Book of Techer Lead Instruction Change, Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc.
Misnah, M. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Situs Lumpang Batu dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 42–55. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i1.10520
Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Mengahadapi Era RevolusiIndustri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus, 12(II), 1–7. http://pgsd.umk.ac.id/files/prosidi ng/2019/27Aprilia_Riyana.pdf
Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan Dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta
Zuliana, E, Dewi, E. R. S., & Atip Nurwahyunani. (2017). Pembelajaran Outdoor Learning Pada Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Prosiding Seminar Universitas PGRI Semarang. Seminar Nasional Alfa VII. https://prosiding.upgris.ac.id/index.php/alfa17/ALFA2017/paper/viewFile/1553/1507