282. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Peserta Didik

Authors

  • Fasya Nabila Meilinda
  • Nur Hidayatul Fitri
  • Lukman Harun

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemahaman Konsep, Minat Belajar, Peluang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik kelas X-C di SMA Negeri 6 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif antara peneliti dan guru matematika yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini terdiri 36 peserta didik SMA. Sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X-C di SMA Negeri 6 Semarang. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah LKPD, Modul Ajar dan ATP. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner minat belajar dan soal tes kemampuan pemahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif naratif dan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik. Pada pra siklus rata-rata pemahaman konsep peserta didik yaitu 55,889. Kemudian pada siklus 1 rata-rata pemahaman konsep peserta didik yaitu 74,278, pada siklus 2 sebesar 78,5 dan pada siklus 3 sebesar 84,111. Untuk hasil kuesioner minat belajar peserta didik pada pra siklus rata-ratanya sebesar 53,389. Kemudian pada siklus 1 rata-rata hasil kuesioner minat belajar peserta didik yaitu 63,944, pada siklus 2 sebesar 71,472 dan pada siklus 3 sebesar 78,972.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Meilinda, F. N. ., Fitri, N. H. ., & Harun, L. . (2023). 282. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2506–2516. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3961

Issue

Section

Prosiding 2023