335. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Pada Peserta Didik Kelas 1 SD 1 Dersalam Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • Ayu Puji Astuti
  • Agnita Siska Pramasdyahsari
  • Bayu Iskandar

Keywords:

pemahaman konsep matematika, model pembelajaran Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika pada peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar terhadap pokok bahasan membandingkan dan mengurutkan benda melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Fokus dari penelitian ini yaitu: 1) Peningkatan pemahaman konsep matematika. 2) Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan objek penelitian SD 1 Dersalam. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SD 1 Dersalam berjumlah 20. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi,  lembar tes selama proses pembelajaran, dan dokumentasi selama kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika pada peserta didik kelas 1 mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada prasiklus pemahaman konsep matematika mencapai 65%. Sedangkan pada siklus I  mencapai 80% dan pada siklus II mencapai 95%. Dengan demikian dalam penelitian ini peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Probem Based Learning mengalami peningkatan sebesar 30%.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Astuti, A. P. ., Pramasdyahsari, A. S. ., & Iskandar, B. . (2023). 335. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Pada Peserta Didik Kelas 1 SD 1 Dersalam Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2989–2996. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4263

Issue

Section

Prosiding 2023