Upaya Meningkatkan Konformitas Positif Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Permainan Pulau Rahasia Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 37 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Andrea Prasetyo Universitas PGRI Semarang

Keywords:

konformitas, Media Permainan, bimbingan klasikal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan media permainan pulau rahasia dalam layanan bimbingan klasikal dengan fokus pada pemahaman dan sikap konformitas positif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang melibatkan peserta didik di SMP Negeri 37 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan peta rahasia secara signifikan meningkatkan pemahaman dan sikap konformitas positif peserta didik. Data hasil test skala konformitas menunjukkan bahwa seluruh peserta didik mencapai batas ketuntasan, yaitu ≥ 56, yang mengindikasikan kriteria sedang. Selain itu, observasi yang dilakukan peneliti bersama kolaboran mengungkapkan bahwa peserta didik lebih mudah dan antusias dalam menunjukkan sikap dan pemahaman tentang konformitas positif melalui media permainan ini. Pada akhir siklus, peserta didik mendapatkan kriteria baik dalam indikator observasi yang mencerminkan perkembangan sikap dan pemahaman mereka. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan peta rahasia dalam layanan bimbingan klasikal memberikan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi peserta didik. Hal ini tidak hanya tercermin dalam hasil test yang meningkat secara signifikan tetapi juga dalam aktivitas siswa yang lebih optimal setelah menerapkan media permainan ini. Oleh karena itu, media permainan peta rahasia dapat dianggap sebagai alternatif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan sikap konformitas positif peserta didik dalam konteks bimbingan dan konseling di sekolah.

References

Ananda, R., & Mardiah, M. (2020). Pemanfaatan Video Blog (Vlog) Sebagai Media Pembelajaran Speaking Pada Siswa Sma Kelas Xi Di Yayasan Pendidikan Nur Hasanah Medan. Visipena, 11(2), 217–227.

Halimatusya’diah, N., & Setyowati, A. (2023, September). Literature review: Pengembangan media island academic hardiness (icha) tentang academic hardiness. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 3).

Irfatul Chusniyah, Novi Ratna Dewi, S. D. P. (2016). Keefektifan Permainan Monopoli Berbasis Science Edutainment Tema Tata Surya Terhadap Minat Belajar dan Karakter Ilmiah Siswa Kelas VIII. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(2), 1242–1252.

Kairupan, M., Karame, V., & Karawisan, Y. V. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Dengan Kenakalan Remaja di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tombatu Kecamatan Tombatu. Journal Of Community & Emergency, 7(2), 255-269.

Khairani, C. P., & Mudjiran, M. (2022). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Karakter Tangguh Siswa dalam Belajar. 7(4), 142–150.

Marsela, F., Wahdani, N., Bahri, S., & Rosita, D. (2023). Efektivitas Media Permainan Monopoli Dalam Terapi Bermain Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa. Visipena, 14(1), 1-13

Mochamad Nursalim. (2013). Pengembangan Media Bimbingan & Konseling. Jakarta: Akademi Permata.

Ningrum, R. E. C., Matulessy, A., & Rini, R. A. P. (2019). Hubungan antara konformitas teman sebaya dan regulasi emosi dengan kecenderungan perilaku bullying pada remaja. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 15(1), 124.

Nugroho, B. S. (2017). Konformitas Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Prasetyo, A., & Sutoyo, A. (2022). Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Aktualisasi Diri Siswa SMA Negeri 1 Bergas. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(3), 13-21

Prasetyo, A., Venty, V., & Yuliati, K. (2023). Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Konformitas Siswa Kelas VII SMP Negeri 37 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 2802-2807.

Putri, R. F., & Putri, R. F. (2019). Belajar Bahasa Inggris melalui Board Game/Card Game. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2019 Belajar, 2(1), 539– 543.

Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap konformitas teman sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9-17.

Suriata, S., Dinda Febita Sari, & Siti Rahmi. (2022). Pengembangan Media Jenga pada Layanan Informasi untuk Meningkatkan Pemahaman Bahaya Bullying di MTS DDI Kota Tarakan. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 62–68.

Suwarjo, (2013). 55 Permainan dalam Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra Publishing

Triastuti, D. Akbar, S., & Irawan, E. (2016). Penggunaan Media Papan Permainan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pengembangan Profesionalisme Pendidik untuk Membangun Karakter Anak, (2). 257- 264.

Widiyanti, N. (2021). Teknik Sosiodrama Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mereduksi Konformitas Teman Sebaya. Nusantara of Research: Jurnal Hasilhasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(1), 65-75.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Prasetyo, A. . (2023). Upaya Meningkatkan Konformitas Positif Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Permainan Pulau Rahasia Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 37 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 810–819. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5187

Issue

Section

Prosiding 2023