Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Dimensi Tiga Konsep Jarak Dengan Berbantuan Geogebra
Keywords:
pemahaman konsep, dimensi tiga, geogebraAbstract
Berdasarkan pengamatan awal di SMA Negeri 9 Semarang di kelas XII MIPA 6 selama pembelajaran ditemukan permasalahan terkait kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Media pembelajaran yang digunakan untuk membantu meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa yaitu menggunakan geogebra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 9 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan objek penelitian siswa kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 9 Semarang sebanyak 36 siswa dengan 18 siswa Perempuan dan 18 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan observasi, lembar tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada pra siklus pemaaman konsep matematika mencapai 74,2 dengan ketuntasan klasikal 66,6 %. Sedangkan pada siklus I rata-rata mencapai 81,6 dengan ketuntasan klasikal 83,3 %. Siklus II rata-rata 85,9 dengan ketuntasan klasikal 88,8%. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan bantuan geogebra dalam dimensi tiga konsep jarak dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
References
Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449–460. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1878
Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma, 8.
Ananda, M. I., Makmuri, & Hakim, L. El. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Geogebra di Kelas XI IPS 1 SMA Diponegoro 1 Jakarta. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 4(2), 20–29.
Napiah, N., Kurniawati, I., & Fitriana, L. (2019). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Himpunan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). JPPM: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(5), 535–547.
OECD. (2019). PISA 2018 Result. In PISA 2009 at a Glance: Vol. I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en
Sudihartinih, E., & Purniati, T. (2019). Using geogebra to develop students understanding on circle concept. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042090
Sugriani, A. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMR). Didactical Mathematics, 1(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1294
Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Yadin, M., Rohaeti, E. E., & Zanthy, L. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5), 337–344.