Peningkatan Keterampilan Komunikasi Melalui Pembelajaran Window Shopping Berbasis Diferensiasi Konten dan Proses pada Materi Jaringan
Keywords:
Komunikasi, berdiferensiasi, window shoppingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran window shopping materi jaringan di kelas XI-6 SMA Negeri 9 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) dan dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-6 SMA Negeri 9 Semarang berjumlah 36 siswa. Hal yang menjadi objek penelitian berupa keterampilan komunikasi lisan, tulisan, dan interpersonal. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan komunikasi lisan, tulisan, dan interpersonal siswa yang diamati dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Keterampilan komunikasi lisan pada pra siklus 44,4% kategori cukup, siklus I sebesar 58,3% kategori cukup dan pada siklus II sebesar 75,9% kategori baik, sedangkan keterampilan komunikasi tulisan pada pra siklus 57,4% kategori cukup, siklus I sebesar 72,3% kategori baik dan pada siklus II sebesar 82,2% kategori sangat baik, serta keterampilan komunikasi interpersonal pada pra siklus 61,1% kategori baik, siklus I sebesar 71,0% kategori baik dan pada siklus II sebesar 82,26 kategori sangat baik.
References
Alwiyah, U., Arsal, A F., & Rohani S., (2023). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Gallery Walk di SMP Negeri 18 Makassar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. Vol. 5(2): 54-61
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera. 17(1), 40–50.
Asminah, S. (2021). Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Pada Peserta Didik Kelas X Ipa 1 Sma Negeri 3 Pontianak Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Sets. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Karakter. Vol 1(1): 34-39
Aulia, M., Suwanto, & Budi S. (2018). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan Melalui Metode Storytelling. Jurnal Manajerial, Vol. 3(4): 110-123.
Bahrul, U., Santoso., Hilal., M A. (2022). The Effectiveness of Window Shopping-Based Inquiry Learning Model toIncrease Science Argumentation Skills in Elementary School. Uniglobal of Journal Social Sciences and Humanities. Vol 1: 78-82.
Chung, Y., Yoo, J., Kim, S.-W., Lee, H., & Zeidler, D. L. (2014). Enhancing Students Communication Skills in The Science Classroom Through Socioscientific Issues. International Journal of Science and Mathematics Education, 1–27.
Fitriani. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Gallery Walk pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 4 Kendari. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1(2): 88-95.
Haryono. (2017). Penelitian Tindakan Kelas Model Kolaboratif dan Peningkatan Kemampuan Profesional Guru. Artikel. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Program Pascasarjana UNNES.
Hudriani, E. 2019. Analisis Keterampilan Berkomunikasi Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining pada Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi. Skripsi. Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru
Jannah, R K., Auliya, H., Setiyawan, D., & Waluyo, E. (2023). The Implementation of Problem Based Learning and Window Shopping Model for Improving Students' Communication Skills. International Journal of Active Learning. Vol 8(2): 103-108
Kamaruzaman. (2016). Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling. Vol. 2(2): 202-120.
Karni. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping Tsts (Two Stay Two Stray) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menggali Isi Teks Penjelasan (Eksplanasi) Ilmiah Yang Didengar Dan Dibaca Bagi Siswa Kelas Vi Semester I Sdn 2 Mojoreno Kecamatan Sidoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020 Kurikulum 2013. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia. Vol 2(4): 499-516.
Khoirurrijal., Fadriati., Sofia., Makrufi, A D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, Suprapno. (2022). Pengembangann Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi
Kristiani, H., Susanti, E I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, MY., Anggraeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar Di Smpn 20 Tangerang Selatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia
Marfuah. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 26(2): 148-160.
Maulida, N., Sumiyati S., & Ukit. (2021). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Melalui Pembelajaran Berorientasi TPACK dengan Blended Learning pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi,.Vol. 11(2): 79-87.
Nurfadila, N., Ahmad, H., & Ali, M P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Window Shopping Terhadap Kreativitas Matematika siswa. Journal Perguruan Conference Series. Vol 4(1): 290.
Oktaviani, F & Hidayat, T. (2010). Profil Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMA Menggunakan Metode Fenetik dalam Pembelajaran Klasifikasi Arthropoda. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 15(1): 13-24.
Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Qorinasari, D. (2022). Penguatan Karakter Gotong Royong Melalui Model Pembelajaran Window Shopping. YASIN : Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya. Vol 2 (6): 851-861
Rahma, W. (2017). Pengaruh penggunaan metode kooperatif window shopping terhadap partisipasi bimbingan konseling klasikal. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) Vol. 2 (2).
Ratnaningsih, D., Nurhidayah., & Trisnawati, O R. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Window Shopping Pada Materi Alat Pernapasan Manusia Dan Hewan. Ibtida: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Vol 2(2): 32-42
Sulistyaratih, N. I., Adnan, Sehalyana, & dkk. (2021). Penerapan Problem Based Learning dan Window shopping untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Profesi Kependidikan, 2(2), 77–88.
Wijaya, E Y. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 01 (4).
Yetti R, (2018). Implementasi Model Window Shopping dalam Pembelajaran Membandingkan Teks Ulasan Film pada Siswa Kelas XI TKR SMK Negeri 5 Pekanbaru Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018, Journal on Education 01 (01):.77