Penerapan Media Pembelajaran Google Sites dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X-1
Keywords:
Google Sites, Kemampuan Komunikasi MatematisAbstract
Kemampuan komunikasi matematis menjadi salah satu aspek yang penting dalam pembelajaran
matematika. Berdasarkan pengamatan sebelumnya diketahui bahwa kemampuan komunikasi
matematis sebagian siswa masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan
komunikasi matematis siswa SMAN 2 Semarang dengan menerapkan media pembelajaran google sites.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek 36 siswa kelas X-1 tahun ajaran
2023/2024. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan observasi. Teknik analisis
penelitian ini adalah Teknik analisis deskripsif kualitatif, yaitu suatu model penelitian yang bersifat
menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk
mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian tersebut yaitu: (1) Indikator
menulis (written) mengalami kenaikan rata-rata skor untuk setiap siklusnya sebesar 2 hingga menjadi
18 pada siklus 2 dari maksimal skor rata-rata yaitu 20. Indikator menggambar (drawing) mengalami
kenaikan rata-rata skor untuk setiap siklusnya hingga menjadi 30 pada siklus 2 dari maksimal skor rata-
rata yaitu 40. Indikator ekspresi matematika (mathematical ekspression) mengalami kenaikan rata-
rata skor untuk setiap siklusnya hingga menjadi 29,9 pada siklus 2 dari maksimal skor rata-rata yaitu
40. (2) Persentase ketuntasan siswa mencapai KKM 75 sebelum tindakan sebesar 11%, pada akhir siklus
meningkat menjadi 81%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media
pembelajaran google sites dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
References
Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan Media
Pembelajaran Liveworksheets dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Kimia
pada Materi Konsep Mol. Jurnal
Inovasi Pendidikan Menengah, 2(3),
–309.
Bermana Sakti Gumilar, C., & Nia Sania
Effendi, K. (2022). Analisis kebutuhan
media pembelajaran berbasis Web
Google-Sites materi Statistika pada
pembelajaran matematika SMA.
Jurnal Penelitian Pendidikan dan
Pengajaran Matematika, 8(1), 9–18.
https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4
Devya, L. M., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto,
W. (2022). Penggunaan Google Sites
Materi Pecahan untuk Meningkatkan
Aktivitas dan Kemampuan Numerasi
Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,
(4), 7518–7525.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6
i4.3550
Fajriah, N., & Soraya, S. (2017). Penerapan
Outdoor Learning dengan Media
Klinometer Terhadap Aktivitas dan
Kemampuan Komunikasi Matematis
Siswa. In JRPM (Vol. 2, Issue 1).
Hadidi, & Setiawan, B. (2021). Penerapan
Media Pembelajaran E-Learning
Berbasis Google Sites Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa. J-PiMat,
(2), 377–384.
Hodiyanto. (2017). Kemampuan
Komunikasi Matematis dalam
Pembelajaran Matematika.
AdMathEdu, 7(1), 9–18.
Jaya, A., Waluyo, S. B., & Siswanto B.
(2019). Implementasi model Problem
Based Learning untuk meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis
dan percaya diri Siswa kelas X SMA
Negeri 4 Semarang. Prosiding
Seminar Nasional Matematika, 2,
–415.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.
php/prisma/
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma
Pembelajaran Matematika Berbasis
NCTM (C. I. Gunawan, K. Ni’mah, & V.
R. Hidayati, Eds.; Pertama). CV IRDH.
https://www.researchgate.net/publica
tion/338819078
Mufidah, H. (2023). Pengembangan
Modul Elektronik (E-Modul)
Matematika Berbasis Google Sites
untuk Meningkatkan Kemampuan
Komunikasi Matematis Tulis Siswa
[Skripsi]. Universitas Islam Negeri
Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember,
Indonesia.
Nopiyani, D., Turmudi, & Prabawanto, S.
(2016). Penerapan Pembelajaran
Matematika Realistik Berbantuan
GeoGebra untuk Meningkatkan
Kemampuan Komunikasi Matematis
Siswa SMP. Jurnal Pendidikan
Matematika, 5(2), 4280. http://e-
mosharafa.org/Jurnal"
Purnama, F. B., & Ardiansyah, A. S. (2023).
Buku Ajar Matematika Berorientasi
STEM Context Terintegrasi Challenge
Based Learning Berbantuan Google
Site Terhadap Kemampuan
Komunikasi Matematis. Prosiding
Diskusi Panel Nasional Pendidikan
Matematika, 309–320.
Sumartini, T. S. (2017). Meningkatan
Kemampuan Komunikasi Matematis
Siswa melalui Model Pembelajaran
Predict Observe Explanation. Jes-Mat,
(2), 167–176.