Penerapan Media Pembelajaran Google Sites dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X-1

Authors

  • Dimas Abdul Aziz Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Google Sites, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis menjadi salah satu aspek yang penting dalam pembelajaran
matematika. Berdasarkan pengamatan sebelumnya diketahui bahwa kemampuan komunikasi
matematis sebagian siswa masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan
komunikasi matematis siswa SMAN 2 Semarang dengan menerapkan media pembelajaran google sites.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek 36 siswa kelas X-1 tahun ajaran
2023/2024. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan observasi. Teknik analisis
penelitian ini adalah Teknik analisis deskripsif kualitatif, yaitu suatu model penelitian yang bersifat
menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk
mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian tersebut yaitu: (1) Indikator
menulis (written) mengalami kenaikan rata-rata skor untuk setiap siklusnya sebesar 2 hingga menjadi
18 pada siklus 2 dari maksimal skor rata-rata yaitu 20. Indikator menggambar (drawing) mengalami

kenaikan rata-rata skor untuk setiap siklusnya hingga menjadi 30 pada siklus 2 dari maksimal skor rata-
rata yaitu 40. Indikator ekspresi matematika (mathematical ekspression) mengalami kenaikan rata-
rata skor untuk setiap siklusnya hingga menjadi 29,9 pada siklus 2 dari maksimal skor rata-rata yaitu

40. (2) Persentase ketuntasan siswa mencapai KKM 75 sebelum tindakan sebesar 11%, pada akhir siklus
meningkat menjadi 81%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media
pembelajaran google sites dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

References

Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan Media

Pembelajaran Liveworksheets dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Kimia

pada Materi Konsep Mol. Jurnal

Inovasi Pendidikan Menengah, 2(3),

–309.

Bermana Sakti Gumilar, C., & Nia Sania

Effendi, K. (2022). Analisis kebutuhan

media pembelajaran berbasis Web

Google-Sites materi Statistika pada

pembelajaran matematika SMA.

Jurnal Penelitian Pendidikan dan

Pengajaran Matematika, 8(1), 9–18.

https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4

Devya, L. M., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto,

W. (2022). Penggunaan Google Sites

Materi Pecahan untuk Meningkatkan

Aktivitas dan Kemampuan Numerasi

Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,

(4), 7518–7525.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6

i4.3550

Fajriah, N., & Soraya, S. (2017). Penerapan

Outdoor Learning dengan Media

Klinometer Terhadap Aktivitas dan

Kemampuan Komunikasi Matematis

Siswa. In JRPM (Vol. 2, Issue 1).

http://jrpm.uinsby.ac.id

Hadidi, & Setiawan, B. (2021). Penerapan

Media Pembelajaran E-Learning

Berbasis Google Sites Terhadap Hasil

Belajar Matematika Siswa. J-PiMat,

(2), 377–384.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan

Komunikasi Matematis dalam

Pembelajaran Matematika.

AdMathEdu, 7(1), 9–18.

Jaya, A., Waluyo, S. B., & Siswanto B.

(2019). Implementasi model Problem

Based Learning untuk meningkatkan

kemampuan komunikasi matematis

dan percaya diri Siswa kelas X SMA

Negeri 4 Semarang. Prosiding

Seminar Nasional Matematika, 2,

–415.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.

php/prisma/

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma

Pembelajaran Matematika Berbasis

NCTM (C. I. Gunawan, K. Ni’mah, & V.

R. Hidayati, Eds.; Pertama). CV IRDH.

https://www.researchgate.net/publica

tion/338819078

Mufidah, H. (2023). Pengembangan

Modul Elektronik (E-Modul)

Matematika Berbasis Google Sites

untuk Meningkatkan Kemampuan

Komunikasi Matematis Tulis Siswa

[Skripsi]. Universitas Islam Negeri

Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember,

Indonesia.

Nopiyani, D., Turmudi, & Prabawanto, S.

(2016). Penerapan Pembelajaran

Matematika Realistik Berbantuan

GeoGebra untuk Meningkatkan

Kemampuan Komunikasi Matematis

Siswa SMP. Jurnal Pendidikan

Matematika, 5(2), 4280. http://e-

mosharafa.org/Jurnal"

Purnama, F. B., & Ardiansyah, A. S. (2023).

Buku Ajar Matematika Berorientasi

STEM Context Terintegrasi Challenge

Based Learning Berbantuan Google

Site Terhadap Kemampuan

Komunikasi Matematis. Prosiding

Diskusi Panel Nasional Pendidikan

Matematika, 309–320.

Sumartini, T. S. (2017). Meningkatan

Kemampuan Komunikasi Matematis

Siswa melalui Model Pembelajaran

Predict Observe Explanation. Jes-Mat,

(2), 167–176.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Aziz, D. A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Google Sites dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X-1. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1308–1318. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5263

Issue

Section

Prosiding 2023