UPAYA PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DALAM BIMBINGAN KLASIKAL MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS 9C DI SMP NEGERI 6 SEMARANG
Keywords:
metode jigsaw, bimbingan klasikal, classical guidanAbstract
Melalui komunikasi interpersonal, seseorang dapat menyampaikan ide, perasaan, kebutuhan, dan harapannya kepada orang lain, serta menerima respons dan tanggapan dari lawan bicaranya. Peserta didik yang masih belum lancar berkomunikasi dengan orang lain menunjukkan tanda-tanda kecanggungan. Hasil observasi menunjukkan bahwa peserta didik sering merasa malu saat diminta memanggil guru, berbicara dengan guru masih saling menyuruh, dan ketika berbicara di depan kelas untuk menceritakan pengalaman sehari-hari, mereka masih terbata-bata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil Layanan Bimbingan Klasikal model Cooperativ Learning dengan Metode Jigsaw dapat meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) dengan data Kualitatif sebagai bahan analisisnya. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas 9C yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan skala komunikasi interpersonal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi interpersonal dengan metode jigsaw. Hal ini dibuktikan dengan rata – rata pretest sebesar 103.91 kemudian diberikan post test 1 pada siklus I yang menunjukkan hasil 111.97 dan rata – rata post test 2 pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 131.29. Hasil rata-rata dari pretest, siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan artinya dengan metode jigsaw dapat meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik.
References
Banuyekti, Wildha. 2023. “Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Di Akademi Maritim Pembangunan Jakarta.” Sosio E-Kons 15(2):160. doi: 10.30998/sosioekons.v15i2.18187.
Cangara, Hafied. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafind.
Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Giovonda, and Muslikah. 2020. “Keefektifan Bimbingan Klasikal Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa.” Indonesian Journal of Counseling and Development 2:92–99.
Hartono. 2008. Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Kasan, Irpan, and Moh. Hazrin Pongoliu. 2020. “Bimbingan Kelompok Topik Tugas Pada Keterampilan Komunikasi Interpersonal.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 4(1):1. doi: 10.37905/aksara.4.1.1-6.2018.
Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Pranata Media.
Sofiana, Rizki. 2013. “Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Model Pembelajaran Kooperati Jigsaw.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) 3.
Sudrajat, Ahmad. 2008. Pengertian, Pendekatan, Strategi, Metode Dan Model. Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Surya Kusuma, Bagus. 2022. “Peningkatan Komunikasi Interpersonal Melalui Bimbingan Klasikal Metode Self Regulated Learning.”