Penerapan Model PJBL Berbantu Pop Up Book untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Tematik Kelas III

Authors

  • Rida Kurniawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

PJBL, Pop Up Book, Hasil Belajar, Keterampilan Proses

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya semangat dan partisipasi peserta didik pada kegiatan
pembelajaran serta rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dibuktikan dengan
banyaknya peserta didik yang hasil belajarnya belum tuntas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk
meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar Tematik dengan penerapan model project based
learning menggunakan bantuan media pembelajaran Pop Up Book pada peserta didik kelas III SDN
Tambakrejo 01. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik keterampilan proses
dan soal tes. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan kondisi
awal sebelum dilakukan tindakan, siklus 1, dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
project based learning terbukti meningkatkan keterampilan proses pada tema pertumbuhan dan
perkembangan makhluk hidup. Persentase peningkatan keterampilan proses berbantu media pop up
book sebesar 25% dari siklus 1 ke siklus 2. Adanya peningkatan tersebut, berpengaruh terhadap hasil
belajar peserta didik. Pada kondisi awal, persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal sebesar
25%(7 peserta didik), pada siklus 1 persentase meningkat menjadi 46%(13 peserta didik) dan pada siklus
2 persentase jumlah peserta didik yang mencapai kriteria meningkat menjadi 82%(23 peserta didik).
Dengan begitu dapat dikatakan bahwa penggunaan model project based learning berbantuan pop up
book dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar tematik kelas III SD Tambakrejo 01.

References

Alfiani, E. (2022). Penerapan Model

Pembelajaran Project Based

Learning Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa

Siswa Kelas V Mi Ma’arif Ngrupit

Ponorogo (Doctoral Dissertation,

IAIN Ponorogo).

Arina Luthfini Lubis, Nizwardi Jalinus,

Rijal Abdullah, dan Asmar Yulastri.

(2019). Cooperative-Project Based

Learning di SMK Ibnu Sina Batam.

Jawa Timur: CV. Penertbit Qiara

Media.

Ariyanti Nofi, dkk (2023). Penerapan

Model Pembelajaran Project Based

Learning Berbantuan Media Pop-Up

Book untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS

Siswa Kelas IV di SDN Plumpung 1

Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran

/2023 Pendas: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, ISSN Cetak : 2477-

ISSN Online : 2548-6950

Volume 09 Nomor 01, Juni

https://doi.org/10.23969/jp.v

i1.8059

Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2022).

Metode Penelitian Pengembangan

Bidang Pembelajaran (Edisi Khusus

Mahasiswa Pendidikan dan

Pendidik). Pascal Books.

Hadi, S., & Sumantri, M. S. (2021).

Pendidikan di Era Revolusi Industri

0. PT Remaja Rosdakarya.

Julaeha, S., Muslimin, E., Hadiana, E., &

Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen

Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan

Prosedur Pengembangan Beberapa

Inovasi Kurikulum. Muntazam:

Journal Of Islamic Education

Management, 2(01).

Midian, M., & Rizal, R. (2020). Efforts To

Improve Student Learning Outcomes

Through Pakem Learning Model On

Ips Ips Lessons In Class V Sdn 2

Sindue. Education Journal, 1(2), 151–

Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan

Modul Projek Penguatan Profil

Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan

Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA

Negeri 1 Tirawuta: Persiapan

Implementasi Kurikulum Merdeka.

Prosiding Seminar

.

Munandar, Arif. (2021). Sistem Student

Center Learning dan Teacher Center

Learning. Bandung: Penerbit Media

SAINS Indonesia, 33

-34.

Pentium Satu, (2018). Analisis Kelebihan

dan Kelemahan Pop Up Sebagai

Media Pembelajaran Bagi Anak

Sekolah Dasar.

http://pentium11oadingselalu.blogsp

ot.com/2016/10/analisis

-

KelebihanDan

-Kelemahanpop

-

Up.html

Rohani, Ahmad. (2022). Strategi

Pembelajaran Inovatif dan Efektif.

Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Shofiatun, Nikmah dkk.

(2019

). Pengaruh

Model Pembelajaran Terpadu Tipe

Shared Berbantu Media Pop

-Up Book

Terhadap Hasil Belajar. Universitas

PGRI Semarang.

Sukmadinata, N. S. (2021). Metode

Penelitian Pendidikan. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, S. (2019

). Pengaruh model

pembelajaran Project Based Learning

terhadap kemampuan pemahaman

konsep mahasiswa mata kuliah

kapita selekta matematika

pendidikan dasar fkip

umsu. EduTech: Jurnal Ilmu

Pendidikan dan Ilmu Sosial

,

(1).

Wulandari, E. (2020). Pengaruh Media

Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar

Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 4(2), 126

-136.

Yasinta, Julina. 2019. Pengembangan

Media Pop

-Up Book Berbasis Project

Based Learning Untuk

Menumbuhkan Keterampilan

Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas

VII di SMP Tamansiswa Teluk

Betung. Universitas Islam Negeri

Raden Intan Lampung.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Kurniawati, R. (2023). Penerapan Model PJBL Berbantu Pop Up Book untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Tematik Kelas III. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2653–2662. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5423

Issue

Section

Prosiding 2023