Penerapan Model PJBL Berbantu Pop Up Book untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Tematik Kelas III
Keywords:
PJBL, Pop Up Book, Hasil Belajar, Keterampilan ProsesAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya semangat dan partisipasi peserta didik pada kegiatan
pembelajaran serta rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dibuktikan dengan
banyaknya peserta didik yang hasil belajarnya belum tuntas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk
meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar Tematik dengan penerapan model project based
learning menggunakan bantuan media pembelajaran Pop Up Book pada peserta didik kelas III SDN
Tambakrejo 01. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik keterampilan proses
dan soal tes. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan kondisi
awal sebelum dilakukan tindakan, siklus 1, dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
project based learning terbukti meningkatkan keterampilan proses pada tema pertumbuhan dan
perkembangan makhluk hidup. Persentase peningkatan keterampilan proses berbantu media pop up
book sebesar 25% dari siklus 1 ke siklus 2. Adanya peningkatan tersebut, berpengaruh terhadap hasil
belajar peserta didik. Pada kondisi awal, persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal sebesar
25%(7 peserta didik), pada siklus 1 persentase meningkat menjadi 46%(13 peserta didik) dan pada siklus
2 persentase jumlah peserta didik yang mencapai kriteria meningkat menjadi 82%(23 peserta didik).
Dengan begitu dapat dikatakan bahwa penggunaan model project based learning berbantuan pop up
book dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar tematik kelas III SD Tambakrejo 01.
References
Alfiani, E. (2022). Penerapan Model
Pembelajaran Project Based
Learning Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa
Siswa Kelas V Mi Ma’arif Ngrupit
Ponorogo (Doctoral Dissertation,
IAIN Ponorogo).
Arina Luthfini Lubis, Nizwardi Jalinus,
Rijal Abdullah, dan Asmar Yulastri.
(2019). Cooperative-Project Based
Learning di SMK Ibnu Sina Batam.
Jawa Timur: CV. Penertbit Qiara
Media.
Ariyanti Nofi, dkk (2023). Penerapan
Model Pembelajaran Project Based
Learning Berbantuan Media Pop-Up
Book untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS
Siswa Kelas IV di SDN Plumpung 1
Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran
/2023 Pendas: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, ISSN Cetak : 2477-
ISSN Online : 2548-6950
Volume 09 Nomor 01, Juni
i1.8059
Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2022).
Metode Penelitian Pengembangan
Bidang Pembelajaran (Edisi Khusus
Mahasiswa Pendidikan dan
Pendidik). Pascal Books.
Hadi, S., & Sumantri, M. S. (2021).
Pendidikan di Era Revolusi Industri
0. PT Remaja Rosdakarya.
Julaeha, S., Muslimin, E., Hadiana, E., &
Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen
Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan
Prosedur Pengembangan Beberapa
Inovasi Kurikulum. Muntazam:
Journal Of Islamic Education
Management, 2(01).
Midian, M., & Rizal, R. (2020). Efforts To
Improve Student Learning Outcomes
Through Pakem Learning Model On
Ips Ips Lessons In Class V Sdn 2
Sindue. Education Journal, 1(2), 151–
Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan
Modul Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan
Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA
Negeri 1 Tirawuta: Persiapan
Implementasi Kurikulum Merdeka.
Prosiding Seminar
.
Munandar, Arif. (2021). Sistem Student
Center Learning dan Teacher Center
Learning. Bandung: Penerbit Media
SAINS Indonesia, 33
-34.
Pentium Satu, (2018). Analisis Kelebihan
dan Kelemahan Pop Up Sebagai
Media Pembelajaran Bagi Anak
Sekolah Dasar.
http://pentium11oadingselalu.blogsp
ot.com/2016/10/analisis
-
KelebihanDan
-Kelemahanpop
-
Up.html
Rohani, Ahmad. (2022). Strategi
Pembelajaran Inovatif dan Efektif.
Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Shofiatun, Nikmah dkk.
(2019
). Pengaruh
Model Pembelajaran Terpadu Tipe
Shared Berbantu Media Pop
-Up Book
Terhadap Hasil Belajar. Universitas
PGRI Semarang.
Sukmadinata, N. S. (2021). Metode
Penelitian Pendidikan. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Wahyuni, S. (2019
). Pengaruh model
pembelajaran Project Based Learning
terhadap kemampuan pemahaman
konsep mahasiswa mata kuliah
kapita selekta matematika
pendidikan dasar fkip
umsu. EduTech: Jurnal Ilmu
Pendidikan dan Ilmu Sosial
,
(1).
Wulandari, E. (2020). Pengaruh Media
Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar
Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 4(2), 126
-136.
Yasinta, Julina. 2019. Pengembangan
Media Pop
-Up Book Berbasis Project
Based Learning Untuk
Menumbuhkan Keterampilan
Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas
VII di SMP Tamansiswa Teluk
Betung. Universitas Islam Negeri
Raden Intan Lampung.