Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Kelas X melalui Model Problem Based Learning

Authors

  • Rahma Dita Dewayani

Keywords:

Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan oleh peserta didik yang telah dicapai setelah mengikuti proses pembelajaran yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor-faktor yang berasal dari diri peserta didik yang dapat memengaruhi hasil belajar, salah satu diantaranya adalah motivasi belajar peserta didik. Model problem based learning dirancang untuk menuntun pembelajaran yang aktif dan berfikir kritis. Dalam PBL peserta didik yang dihadapkan pada masalah dituntut untuk mampu mengeksplor sendiri melalui keterampilan observasi, berargumen dalam diskusi, serta melakukan praktik sesuai dengan prosedur ilmiah. Berdasarkan hasil observasi di kelas X7 SMA Negeri 10 Semarang, mayoritas peserta didik masih bersikap pasif selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal tersebut menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian tindakan kelas mengenai peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui model problem based learning. Metode penelitian ini adalah PTK dengan model menurut Kemmis & McTaggart yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan dan pengamatan (act and observe), serta refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, penyebaran angket, serta soal evaluasi berupa penilaian harian. Hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan motivasi belajar dengan presentase sebesar 72% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II. Selanjutnya, presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 77% dan siklus II meningkat menjadi 94%. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar materi virus melalui model Problem Based Learning.

References

Aminah, Siti. 2018. Efektivitas Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Indragiri, Vol.1, No. 04

Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Dewi W, Shanta R dan Suryati. 2022. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 3 Wonokromo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Vol 1(1). Hal 102-106

Gagne, M. Robert & Briggs, J. Leslie. 1978. Principles of Instructional Design. Holt. Rineheart and Winston. USA

Irfan, M. 2019. Pengaruh Penerapan Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. BIOMA. Vol 1(01). Hal: 47-55

Jannah, R. (2017). Upaya Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Madrosatuna. Journal of Islamic Elementary School. 1(1): 47-58

Jufrida, dkk. 2019. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA dan Literasi Sains di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 4(2). Hal: 31-38

Kusnandar, D. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar IPA. MADRASCIENCE:Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, dan Budaya. Vol 1(1). Hal: 17-30

Machali M. 2022. Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?. IJAR: Indonesian Journal of Action Research. Vol 1(2). Hal: 12-21

Nasrah dan Muaflah A. 2020. Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Vol 3(2). Hal: 207- 213

Sardiman, AM. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Sugiartana, I Wayan. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA”. Jurnal INOVASI. Vol 7 (16). Hal 94-101

Susilo. H., Chotimah, H. & Sari D.Y. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Banyumedia Publishing.

Tsaniyyah, D., Marianti, A., & Isnaeni, W. (2019). Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Materi Sel dengan Metode Problem Base Learning Berbantuan Tutor Sebaya. Jurnal Phenomenon, 09(1), 21–35.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Dewayani, R. D. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Kelas X melalui Model Problem Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3955–3960. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5731

Issue

Section

Prosiding 2023