Peningkatan Motivasi Belajar dengan Model PBL pada Mata Pelajaran IPAS Kelas Vb SDN Peterongan Semarang

Authors

  • Dani Rasyid Khoirunni’am W , Fine Reffiane, Lutfhi Winarni A Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Motivasi Belajar, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPAS siswa kelas VB semester
I di SDN Peterongan Semarang tahun pelajaran 2023/2024 setelah diterapkannya model
pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VB semester I yang berjumlah 24 orang siswa. Data
motivasi belajar IPAS siswa dikumpulkan dengan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, pada siklus I rerata
motivasi belajar IPAS siswa kelas VB semester I di SDN Peterongan setelah mengikuti pembelajaran
dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 68% dan berada pada
kategori tinggi. Pada siklus II rerata motivasi belajar IPAS siswa kelas VB semester I di SDN Peterongan
setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning
meningkat yakni menjadi 83,3% dan berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning secara efektif mampu
meningkatkan motivasi belajar IPAS siswa kelas VB.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta. Dasar Dan Menengah.

Jakarta: Permendikbud.

Dimyati. & Mudjiono. 2015. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2015. Psikologi Belajar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo, A. (2022). Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning Dalam. Educativo: Jurnal

Pendidikan, 1(1), 334–341.

Konseptual Operasional. Jakarta:

Bumi Aksara.

Luh Putu Merta Ari, N., & Made Citra

Wibawa, I. (2019). Pengaruh Model

Pembelajaran Make a Match

Terhadap Motivasi Belajar Ilmu

Pengetahuan Alam. Jurnal Mimbar

PGSD Undiksha, 7(3), 189–197.

Peraturan Mentri Pendidikan dan

Kebudayaan Republik Indonesia

Nomor 6 Tahun 2019 Tentang

Pedoman Organisasi Dan Tata Kerja

Satuan Pendidikan

Pustaka Pelajar.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y.

S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P.

(2022). Implementasi Kurikulum

Merdeka Belajar di Sekolah

Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4),

–6319.

https://doi.org/10.31004/basicedu.

v6i4.3237

Rifa’i, A. & Anni, C.T. 2016. Psikologi

Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

siklus 1 siklus 2

Motivasi

Belajar

Peserta

Didik

Sardiman. 2011. Interaksi dan

Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:

Rajawali Pers.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model

Pembelajaran Inovatif dalam

Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar

Ruzz Media.

Suari, N. putu. (2018). Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning untuk Meningkatkan

Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah

Sekolah Dasar, 2(3), 241.

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.1

Sugiyono. 2016a. Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. 2016b. Statistika untuk

Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik

Jakarta: Cipta.

Ulinniam, Hidayat, Ujang Cepi Barlian, &

Yosal Iriantara. (2021). Penerapan

Kurikulum 2013 Revisi di Masa

Pandemi pada SMK IBS Tathmainul

Quluub Indramayu. Jurnal

Pendidikan Indonesia, 2(1), 118

–126.

https://doi.org/10.36418/japendi.v

i1.74

Undang

-Undang Dasar Tahun 1945 Pasal

Ayat 1 Tentang Hak Pendidikan.

Uno, H. B. 2016. Teori Motivasi &

Pengukurannya. Jakarta: Bumi

Aksara. Wena, M. 2012. Strategi

Pembelajaran Inovatif Kontemporer

Suatu Tinjauan Widoyoko, E. P.

Teknik Penyusunan

Instrumen Penelitian. Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Rasyid Khoirunni’am W, D. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Model PBL pada Mata Pelajaran IPAS Kelas Vb SDN Peterongan Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2213–2219. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5371

Issue

Section

Prosiding 2023