276. Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Dhea Amalia
  • Achmad Buchori
  • Dwi Astuti

Keywords:

Problem Based Learning, Liveworksheet, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik dengan menerapkan Problem-based learning (PBL) berbantuan liveworksheet. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan empat tahapan (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi). Sebanyak 36 peserta didik kelas X-11 di salah satu SMA Negeri di Kota Semarang dijadikan sebagai subjek penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari angket, lembar observasi, dan tes. Data motivasi belajar dan keterlaksanaan pembelajaran dianalisis secara kualitatif, sedangkan data hasil belajar dianalisis secara kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan motivasi, serta hasil belajar matematika yang tinggi dari kondisi awal peserta didik. Beberapa kesimpulan yang diperoleh antara lain sebagai berikut. Pertama, PBL berbantuan liveworksheet telah meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X-11 di salah satu SMA Negeri di Kota Semarang, setelah dilakukan tindakan sebanyak dua siklus. Kedua, PBL berbantuan liveworksheet telah meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas X-11 di salah satu SMA Negeri di Kota Semarang, hal ini terlihat dari meningkatnya aspek setiap indikator yang diamati. Ketiga, penerapan model problem based learning berbantuan liveworksheet pada mata pelajaran matematika mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil belajar yang diperoleh peserta didik juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yakni sebesar 48,57%.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Amalia, D. ., Buchori, A. ., & Astuti, D. . (2023). 276. Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 533–543. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3955

Issue

Section

Prosiding 2023