Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Melalui Praktikum Berbasis Scientific Inquiry pada Materi Metabolisme
Keywords:
hasil belajar, keaktifan, scientific inquiryAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan kurangnya melibatkan siswa dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa terhadap praktikum berbasis scientific inquiry pada materi metabolisme kelas XII MIPA 7 di SMA Negeri 9 Semarang. Penelitian ini dilakukan 22 Agustus 2023 sampai 8 september 2023 di SMA N 9 Semarang. Sampel penelitian ini yaitu kelas XII MIPA 7 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian hasil belajar kognitif menunjukkan rata-rata sebesar 78,82 dengan ketuntasan klasikal sebesar 76,47% kategori baik dan siklus II menunjukkan rata-rata sebesar 89,85 dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,11% kategori baik sekali. Hasil penelitian keaktifan siswa pada siklus I sebesar 75% dengan kategori aktif dan siklus II sebesar 92% dengan kategori sangat aktif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa melalui praktikum berbasis scientific inquiry pada materi metabolisme kelas XII MIPA 7 di SMA Negeri 9 Semarang.
References
Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Barokah, W. U. (2021). Upaya Peningkatan Motivasi, Keaktifan Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Kolaboratif. Action: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1 (2), 167-177.
Dewi, CIAA. (2018). Implementasi Pendekatan Scientific Dengan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal IKA, 16 (2), 137-151.
Dewi, R. M., Minarti, I. B., & Dzakiy, M. A. (2023). Efektivitas Asesmen Kinerja Praktikum untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (1), 2054-2063.
Hastuti, W. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Materi Enzim dan Metabolisme Sel Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas XII Mia SMA 1 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2 (1), 696-702.
Hidayati, N. S. (2022). Penerapan Metode Praktikum Berbasis Inkuiri pada Pelajaran Fisika Topik Getaran dan Gelombang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI Sman 1 Pringgarata Tahun Pelajaran 2018/2019. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 10 (1), 34-38.
Lestari, T. A., Karnan., & Kusmiyati. (2023). Pengembangan Kegiatan Praktikum Menggunakan Alat dan Bahan Sederhana Untuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi. Jurnal Ilmiah Profesi Profesi Pendidikan, 8 (1), 892-896.
Meishanti, OPY. (2020). Analisis Keterlaksanaan praktikum Biologi terhadap Hasil Belajar Psikomotor Peserta Didik Kelas XI IPA di MA Al Ihsan Tembelang Jombang. Eduscope 6 (1), 24-26.
Minarti, I. B., Dewi, L. R., & Kurniawati, A. (2023). Implementasi Asesmen Autentik Pembelajaran Biologi Pada Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri Se-Kabupaten Batang. Journal on Education, 5 (4), 17576-17586.
Munandar, R. R., Sutjihati, S., & Irpan, A. M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Melalui Praktikum Berbasis Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Respirasi. Pedagonal Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3 (2), 10-17.
Nadhifah, S. L., Rahmawati, R. C., Minarti, I. B., & Budiastuti, B. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP Materi Sistem Sirkulasi. Journal On Teacher Education, 5 (1), 11-18.
Nurhalizah, N., Damayanti, A., Nasution, E. K., Siahaan, S., & Tanjung, I. F. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Cerdas Murni. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (5), 6632-6640.
Nurningsih, D., & Musthofa, R. M. (2017). Pengaruh Intensitas Pembelajaran melalui Praktikum dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif pada Materi Plantae dan Animalia Kelas X SMA. Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek II.
Putri, H., & Harahap, M. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 4 (4), 22-27.
Putri, IDCK., & Widodo S. R. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, Dan Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. 721-724.
Retno, R. S., & Yuhana, W. L. (2016). Pembelajaran Konsep Dasar IPA dengan Scientific Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir, Bekerja dan Bersikap Ilmiah Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 1-9.
Rosari, F. J. D. (2020). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Biologi Materi Metabolisme Sel dengan Menggunakan Percobaan Sach dan Percobaan Ingenhousz di Kelas XII Ia SMA Negeri 2 Maumere. Jurnal Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial Dan Humaniora. 1(12), 103-106.