PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK MELALUI METODE PRAKTIKUM BERBASIS SCIENTIFIC INQUIRY PADA MATERI METABOLISME SEL
Keywords:
kognitif., metabolisme sel, minat, praktikum,, scientific inquiry.Abstract
Salah satu materi dalam pembelajaran biologi yang sulit dipahami oleh sebagian besar peserta didik adalah materi metabolisme sel. Hasil analisis pra-siklus pada ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif peserta didik dalam kategori rendah (55,5%) dan penyebaran angket minat belajar menunjukkan sebagian besar (58,5%) menunjukkan kurang berminat. Oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar kognitif yaitu dengan metode praktikum berbasis scientific inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menggunakan metode praktikum berbasis scientific inquiry pada materi metabolisme sel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari prasiklus, siklus I dan siklus II dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 9 Semarang dengan jumlah 36 peserta didik dan dilaksanakan selama 1 bulan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket, observasi, dan tes tertulis. Hasil penlitian menunjukkan bahwa penerapan metode praktikum berbasis scientific inquiry dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dengan peningkatan dari pra-siklus ke siklus I sebesar 23,75% dan meningkat sebesar 14,08% pada siklus II. Kategori berminat mencapai indikator kinerja dengan persentase 83% dan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dengan peningkatan dari pra-siklus 56% menjadi 72% di siklus I dan menjadi 88% pada siklus II. Penerapan praktikum berbasis Scientifiec inquiry dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi metabolisme sel.
References
Achru, A. (2019). Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. Jurnal Idaarah, 3(2), 205-215.
Alfian, A., Hartatiyati, E., Agustini, F., & Yustina, T. (2023). The effectiveness of experiential learning through jelajah alam sekitar (jas) approach on the ninth-grade students’ cognitive learning outcomes and activeness on the function of soil for life and its components learning material. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 7(4), 798.https://doi.org/10.33578/pjr.v7 i4.9579
Ansariyah, A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar peserta didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Di Kelas V SD Negeri 14 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya. Jurnal Serambi Akademica, 9(11), 2130-2139.
Artana, I. M. A., Dantes, N., & Lasmawan, M. P. P. I. W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Gugus VI Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).
Azizah, Hani Nur, dkk. (2016). “Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis peserta didik pada Materi Energi bunyi”. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se- kota Stabat. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(2), 109-116.
Fitri, Z. N., Anwar, Y. A. S., & Purwoko, A. A. (2021). Pengaruh Metode Praktikum Sederhana pada Materi Kepolaran Senyawa Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMA. Chemistry Education Practice, 4(1), 90-97.
Hayat, M. S., & Minarti, I. B. (2015, May). Process and Quality Debriefing in Scientific Inquiry of Biology Teacher Prospective Through Argumentation. International Conference: Enhancing Education Quality In Facing Asian Community.
Jirana dan Damayanti. (2018).Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 Tinambung. Jurnal Saintifik, 4(1):47-53.
Kasmir (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Resitasi dengan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di Kelas VIII-1 Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal pendidikan dan pembelajaran Indonesia (JPPI), 1 (2), 340-350.
Kurniawati, Y., Ngadimin, N., & Farhan, A. (2017). Hubungan Keaktifan Siswa dengan Hasil Belajar Siswa pada Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(2), 243-246.
Latifah,S.,S.Sugiharto dan Saputro,A.N.C. (2014). Studi Komparasi Penggunaan Praktikum dan Demonstrasi pada Metode Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Hidrolisis Garam Kelas XI Ilmu Alam SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011.Jurnal Pendidikan Kimia.3(3): 111-120.
Maliasih, M., Hartono, H., & Nurani, P. (2017). Upaya meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif melalui metode teams games tournaments dengan strategi peta konsep pada siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222-226.
Minarti, I. B., Hawarizqi, N., & Mekar, R. M. (2023). The Relationship Between Learning Interest and Cognitive Learning Outcomes of SMP N 21 Semarang Students. Jurnal Scientia, 12(03), 3163-3168.
Nasir, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantukan Lks Inkuiri Terintegrasi Generik Sains (Itgs) Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Ditinjau Dari Kemampuan Awal Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 2(1), 16-25.
Nisa, U. M. (2017). Metode praktikum untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas V MI YPPI 1945 Babat pada materi zat tunggal dan campuran. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 16(1), 62-68.
Novyanti, N. H. 2022. Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Di Sman 2 Selayar.Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makasar.
Prasetyo, E., & Mapparenta, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Praktikum Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMKN 2 Tanah Grogot. Jurnal Profesi Pendidikan,3(1),129–134.
Prasetyoningsih, D., Lestari, A. B., & Dewi, N. R. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPA Melalui Metode Praktikum Pada Kelas VIII H SMP Negeri 28 Semarang. In Proceeding Seminar Nasional IPA.
Prastiyo, S., Ulfah, M., Mulyaningrum, E. R., & Rianto, S. (2023). Problem Based Learning Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia. Journal on Education, 6(1), 5982-5992.
Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis minat belajar peserta didik menggunakan model problem based learning dengan pendekatan STEM pada materi vektor di kelas X MIPA 3 SMAN 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64-70.
Siburian, F., Sinambela, M., & Septie, S. (2017). Analisis pelaksanaan praktikum pada mata pelajaran biologi di kelas x SMA Negeri 16 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(2).
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana peserta didik untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492.
Ulfah, M., Harahap, M. B., & Rajagukguk, J. (2018, December). The effect of scientific inquiry learning model for student’s science process skill and self efficacy in the static fluid subject. In 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2018) (pp. 446-449). Atlantis Press.
Yusuf, A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Pratikum. Aksara: Jurnal IlmuPendidikan Nonformal, 4(2), 91-100.