Viani, Yetty Okta PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI TOKOH INSPIRATIF DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK DAN KBBI DARING DI KELAS X PM I SMKN 2 SEMARANG
Keywords:
keterampilan menulis, teks biografi, model berbasis proyekAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana kelas X PM 1 SMKN 2 Semarang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan bantuan media flipbook dan KBBI daring untuk meningkatkan kemampuan menulis teks biografi tokoh inspiratif. Penelitian Tindakan Kelas menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Semarang adalah sumber data penelitian ini. Ada dua belas kelas populasi, menurut sumber data. Dalam penelitian ini, teknik purposive sampling digunakan untuk memilih satu sampel dari kelas yang digunakan untuk kegiatan PPL 2. Kelas yang dipilih untuk sampel ini adalah kelas X PM 1 di SMK Negeri 2 Semarang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan pedoman penskoran yang diterapkan pada instrumen penelitian. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif untuk mengetahui apakah kemampuan untuk menganalisis kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi telah meningkat. Pada siklus pertama, nilai rata-rata sebesar 67,6 (cukup baik); pada siklus kedua, nilai rata-rata sebesar 86 (cukup baik); dan pada siklus kedua, nilai rata-rata sebesar 96 (sangat baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks biografi meningkat 28,4%. Dengan demikian, penggunaan model PjBL efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks biografi.
Kata kunci: keterampilan menulis, teks biografi, model berbasis proyek
References
Ardianti, Sekar Dwi, Ika Ari Pratiwi, dan Mohammad Kanzunnudin. 2017. “Implementasi Project Based Learning (Pjbl) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik.” Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan 7(2).
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Darmawan, Deni. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kamalia, Dina Luluk. 2023. “Peningkatan Kemampuan Menjelajahi Arti Kata dengan Model PBL Berbantuan Salindia Interaktif dan KBBI Daring Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 27 Semarang”. Laporan PTK. Semarang.
Kusumasari, Meida, Sudiyanti, dan Arisul Ulumudi. 2023. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Menggunakan Model Discovery Learning dan Media Film di Kelas X SMA Negeri 6 Semarang”. Prosiding Seminar Nasional PPG UPGRIS 2023.
Octaviyani, Indri, Yaya Sukjaya Kusumah, dan Aan Hasanah. 2020. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem.” Journal on Mathematics Education Research 1(1):10–14.
Rosidi, Imron. (2009). Menulis Siapa Takut? http://books.google.co.id/books/about/Menulis Siapa_Takut
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Uno, Hamzah B. dan Nina Lamatenggo. 2016. Landasan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menulis Paragraf (Rev). Grasindo.
Wuryanti, Titi, Sudiyanti, dan Arisul Ulumudi. 2023. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas X SMA Negeri 6 Semarang”. Prosiding Seminar Nasional PPG UPGRIS 2023.