Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi SMA N 11 Semarang
Keywords:
penerapan, metode, a, atmAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X 3 SMA Negeri 11 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 pada materi teks puisi melalui penerapan model pembelajaran ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes (observasi dan dokumentasi). Analisis data dilakukan melalui teknik kualitatif. Tujuan diterapkannya metode ATM adalah untuk mengetahui rencana dan pelaksanaan pembelajaran, peningkatan aktivitas siswa, serta peningkatan hasil belajar siswa dalam aspek kognitif dan psikomotor. Penerapan metode ATM ini pada siklus III mampu meningkatkan hasil kinerja guru sehingga dapat mencapai target yaitu 100%. Kemudian mampu meningkatkan aktivitas siswa hingga melampaui target yaitu 89,7%. Hasil belajar siswa meningkat melampaui target yaitu 92% baik dari aspek kognitif maupun aspek unjuk kerja keterampilan membaca puisi. Selain itu, hasil data nontes menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model ATM dapat dilaksanakan dengan baik dan peserta didik menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi membaca puisi dengan menerapkan mode pembelajaran ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) mengalami peningkatan yang signifikan.
Kata kunci: penerapan, ATM, metode
References
A.I Nadia, d. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia.
Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pedidikan Nasional.
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. PT RajaGrafindo Persada.
Dewi Sri Handayani, S. L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi oleh Siswa Kelas VII SMP Pertiwi Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Pendidikan Tambusai.
Dwitha Evayanti, M. S. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas III A. Ilmiah Sekolah Dasar.
Gusmilarni, F. A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Aplikasi Anyflip pada Materi Sistem Koordinasi Siswa Kelas XI. Biogenerasi: Jurnal Pendidikan Biologi.
Handayani. 2023. Nilai Moral dalam Novel A untuk Amanda Karya Annisa Ihsani Sebagai Pembentuk Karakter Bagi Peserta Didik SMA Melalui Pembelajaran Sastra. Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya
Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Banten: Media Madani.
Intan Lutfia Putri, A. A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Games Wordwall pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 10 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research.
Iskandarwassid, D. S. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kerti, I Wayan. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Teknik ATM Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Vol. 4 no. 1 (2021). Jurnal: Jaya Pangus Press
Kosasih, E. (2019). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Ngatmini, S. U. (n.d.). Dasar-dasar Korespondensi Bahasa Indonesia. UPGRIS Press.
Putri Larasati, I. B. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall.net sebagai Media Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia.
Rohana, S. (2021). Keterampilan Bahasa Indonesia Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Makassar.
Rosmaini, A. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall dalam Teks Cerpen Siswa Kelas XI Mas Proyek Univa Medan. Jurnal Dialect.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Grup.
Semi, M. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Tarigan, H. G. (1994). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
W. Widya, Z. Z. (2021). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Kvsoft Flipbook dan Web Anyflip di SMP Negeri 41 Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.