Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X Menggunakan Metode PBL dengan Penerapan Teknik Jigsaw

Authors

  • Muhamad Andiyaman Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kecerdasan Emosional, PBL, Bimbingan Klasikal

Abstract

Kecerdasan emosional menjadi salah satu faktor penting seseorang dapat berhasil dalam menjalani hidup dan karirnya. Adanya kecerdasan emosional yang rendah tentu penting untuk segera ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan layanan bimbingan klasikal menggunakan metode PBL (Problem Based Learning) dengan penerapan teknik jigsaw untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas X SMAN 2 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang dilakukan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Penelitian dilakukan dengan berkolaborasi antara peneliti dengan rekan sejawat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecerdasan emosional dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dilengkapi dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan skor kecerdasan emosional pada setiap siklus yang dilakukan. Terlihat pra siklus siswa dengan kategori tinggi dan sangat tinggi hanya ada 10 siswa (27,78%), kemudian pada siklus I terlihat adanya peningkatan jumlah siswa yang mendapatkan kategori tinggi dan sangat tinggi menjadi 15 siswa (41,67%), selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan terkait hasil perolehan skor siswa berdasarkan hasil post test skala kecerdasan emosional siswa yaitu dibuktikan dengan adanya peningkatan menjadi 30 siswa (83,33%). Berdasarkan hasil yang telah dijelaskan diatas, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional pada siswa kelas X di SMAN 2 Semarang dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan klasikal menggunakan metode PBL (Problem Based Learning) dengan penerapan Teknik jigsaw.

References

Azwar, S. (2005). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakara: Pustaka Pelajar.

Istiawan, Erfan Dwi. (2020). “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Pengambilan Keputusan Karier Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Sekecamatan Mijen Kota Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020.” Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia.

Kusuma, Ardi Wira. (2018). “Meningkatkan Kerjasama Siswa Dengan Metode Jigsaw.” Konselor 7(1):26–30. Doi: 10.24036/02018718458-0-00.

Misbahuddin, &. Iqbal. (2022). Analisis Data Penelitian Dengan Satistik Edisi Ke-2. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.

Purwanto, And Seri Siregar. (2016). “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Di Kelas X Semester II SMA Negeri 11 Medan T.P. 2014/2015.” Jurnal Ikatan Alumni Fisika 2(1):25–29. doi: 10.24114/jiaf.v2i1.3736.

Putri, Yeni Sugena. (2016). “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN Persero Area Klaten.” Jurnal Studi Manajemen & Organisasi 13 13:88–97.

Saifuddin, Ahmad. (2020). Penyusunan Skala Psikologis. Jakarta: Kencana.

Siyoto, Sandu. (2015). “Dasar Metodologi Penelitian.” Yogyakara: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Andiyaman, M. . (2023). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X Menggunakan Metode PBL dengan Penerapan Teknik Jigsaw . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 924–934. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5202

Issue

Section

Prosiding 2023