UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS X PERHOTELAN 3 SMK NEGERI 6 SEMARANG
Keywords:
Kepercayaan Diri, JigsawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas X
Perhotelan 3 di SMK Negeri 6 Semarang melalui bimbingan klasikal metode Jigsaw. Masalah yang
diidentifikasi mengenai rendahnya kepercayaan diri peserta didik, yang dapat menghambat prestasi
akademik dan perkembangan pribadi mereka. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan
menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Fase siklus
penelitian meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data tingkat
kepercayaan diri peserta didik dikumpulkan menggunakan skala Likert melalui angket, dan data
dianalisis menggunakan metode One Group Pretest-Posttest dan uji T-Test berpasangan. Hasil
analisis menunjukkan bahwa kepercayaan diri peserta didik cenderung rendah sebelum intervensi,
namun meningkat setelah penerapan metode Jigsaw. Hal ini menunjukkan bahwa metode Jigsaw
efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Meskipun demikian, penelitian ini
memiliki keterbatasan, seperti generalisasi hasil penelitian yang terbatas pada populasi peserta
didik kelas X Perhotelan 3 di SMK Negeri 6 Semarang. Penelitian selanjutnya dapat melibatkan
sampel yang lebih besar dan beragam untuk hasil yang lebih representatif . Saran yang dapat
diberikan adalah bagi peserta didik untuk terus mengembangkan kepercayaan diri mereka dengan
mengambil langkah-langkah kecil dan menghadapi tantangan dengan sikap positif Bagi guru,
disarankan untuk menciptakan lingkungan kelas yang mendukung pengembangan kepercayaan diri
peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran yang mendorong kolaborasi dan kerjasama.
References
Aji, S. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Peserta didik Sekolah
Menengah Kejuruan. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 7(2), 120-131.
Hidayat, D. R., Badrujaman, A., & Suyarsi, S. (2019). Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling
SMP di Sub Rayon 01 Kota Bekasi . INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 33-42.
Mahayana, I. P. (2015). Pengambangan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan
Diri Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 56-68.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian, Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal
Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60.
Widayanti, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal
Psikologi Terapan dan Pendidikan, 1(1), 10-20.