PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKS EDITORIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DENGAN MEDIA CANVA DI SMA
Keywords:
Canva, Teks Editorial, Think-Pair-ShareAbstract
Permasalahan yang muncul untuk dibahas dalam penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar teks editorial kelas XII IPS 5. Beberapa faktor yang telah didapat atas hasil tersebut ialah karena pelaksanaan pembelajaran yang belum menerapkan model pembelajaran serta media yang menarik untuk peserta didik. Hal demikian juga dibuktikan dengan angket wawancara peserta didik yang memberikan pendapat merasa bosan, jenuh, dan lebih suka pembelajaran dengan media pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar teks editorial peserta didik melalui model pembelajaran Think-Pair-Share dengan media Canva kelas XII IPS 5. Setelah dilakukan tindakan di kelas XII IPS 5 melalui proses dua siklus dengan dua pertemuan untuk setiap siklusnya, didapatkan hasil bahwa model pembelajaran Think-Pair-Share dengan media Canva dapat meningkatkan hasil belajar teks editorial di kelas XII IPS 5 dengan presentase yang signifikan. Pada pra siklus, dari 35 peserta didik diperoleh hanya 31% saja peserta didik yang tuntas nilai KKM. Selanjutnya pada siklus I terjadi peningkatan mencapai 71% untuk peserta didik yang tuntas. Pada siklus II lalu meningkat hingga 91% untuk peserta didik dengan nilai di atas KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Pair-Share dengan media Canva dapat meningkatkan hasil belajar teks editorial kelas XII IPS 5 SMA Negeri 8 Semarang.