Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran PPKN pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 6 Semarang
Keywords:
keaktifan belajar, problem based learning, PPKnAbstract
Keaktifan belajar siswa merupakan sebuah hal penting dalam sebuah proses pembelajaran, dengan adanya siswa yang aktif dalam proses pembelajaran tentu akan membuat guru lebih memahami mengenai sikap dari setiap siswa nya dan dapat membuat guru dapat menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran tersebut apakah siswa benar-benar sudah memahami atau memang belum memahami sehingga dalam proses pembelajaran akan berjalan lebih maksimal dengan adanya kerjasama yang baik antar guru dan juga siswa. Tujuan dari penelitian ini Menerapkan model problem based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran PPKN pada peserta didik kelas VIII SMP N 6 Semarang. Metode penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas dengan II siklus. Berdasarkan hasil peneilitan keaktifan belajar pada Pelajaran PPKn pada kelas VIII D SMPN 6 Semarang yang dilakukaan selama 2 siklus, dapat disimpulkan bahwa hasil siklus I dan II terdapat peningkatan keaktifan belajar peserta didik. Penggunan model pembelajaran problem based learning (PBL) sangat efektif digunakan dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.
References
Dimyati, dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Fathurrohman,M. 2015.Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11.
Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa menggunakan model project based learning dengan pendekatan stem pada pembelajaran fisika materi elastisitas di kelas xi mipa 5 sma negeri 2 jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71-77.
Putri, N. Y., & Firmansyah, D. (2019). Hubungan Keaktifan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sisiomadika, 133–136.
Rerung, N., Sinon, I. L.& Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.
Zahrawati, F. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa. Indonesian Journal of History Education, 1(1), 71–79