Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar IPAS Melalui Model PBL Berbantuan Media Papan Tempel Kelas IVB
Keywords:
Problem Based Learning, Keaktifan Belajar, Papan TempelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Belajar peserta didik kelas IVB pada pembelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan media papan tempel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Tahapan pelaksanaan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sibjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB di SDN Gayamsari 02 Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 peserta didik sebagai penerima tindakan, sedangkan sebagai pemberi tindakan adalah peneliti bersama wali kelas IVB. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi pada setiap siklus. Analisis yang digunakan pada penelitian ini meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPAS pada tiap siklusnya. Pada prasiklus keaktifan belajar peserta didik sebelum menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 53,70%, pada siklus I dengan penerapan model problem based learning berbantuan papan tempel diperoleh rata-rata keaktifan belajar sebesar 63,27, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan kembali rata-rata keaktifan belajar sebesar 76,08%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar peserta didik dengan menerapkan model problem based learning berbantuan media papan tempel pada mata pelajaran IPAS kelas IVB yang dimulai dari pra siklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan.
References
Adittia, A. (2017). Penggunaan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. 4 (1), 9-20
Arikunto, Suharsimi. (2014) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Amir et al. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik siswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Science (UJSS), 1(2), 22-34
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT Satu Nusa
Depdiknas. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Jakarta: Depdiknas.
Eka Bakti Pratiwi, et. All (2022)Peningkatan Keaktifan Sikap dan Hasil Belajar IPA Melalui Model PBL Pada Siswa kelas IV SD Negeri Patimuan 01. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(4).
Fitriyah, C. Z., & Wardani. R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(30), 236-243
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Alifah, A.N., Nurhikmah, J., Ningsih, R. R., & Illahi, R. S.N (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 6194-6201
Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Jurnal ABDIMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat) UBJ, 5(2), 185-194
Kemmis, S. & Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Rinea Cipta.
Sukmadinata, N. S. (2017). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. PT Remaja Rosdakarya.
Widayati. A. (2008) Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1)