PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PPKn BERBANTU LKPD LIVEWORKSHEET MENGGUNAKAN MODEL PBL
Keywords:
Keaktifan belajar peserta didik, LKPD Liveworksheet, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar peserta didik kelas IV SDN Sambirejo 02 khususnya dalam pembelajaran PPKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada materi PPKn berbantu LKPD Liveworksheet dengan model PBL. Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 2 siklus diantaranya pra siklus, siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 29 peserta didik di SD Negeri Sambirejo 02. Penelitian ini dilaksankan pada semester I tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu non test dengan instrumen lembar observasi keaktifan belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah Teknik deskriptif kuantitatif. Hasil rata-rata penelitian dari kondisi awal atau pra-siklus keaktifan belajar peserta didik memperoleh nilai 48% dengan kategori masih tergolong rendah, pada siklus I dengan berbantu LKPD Liveworksheet menggunakan model Problem Based Learning mengalami peningkatan keaktifan belajar mencapai 79% pada kategori tinggi dan pada siklus II menujukkan perolehan peningkatan 83% dengan kategori tinggi. Berdasarkan dari hasil rata-rata Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan bahwa melalui LKPD liveworksheet dengan model PBL dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.
References
Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Live Worksheet untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Peserta didik pada Pembelajaran Tematik Kelas VA. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, September, 122–130. http://eprints.uad.ac.idv/21216/1/12.NoviAndriyani-PGSD%28122-130%29.pdf
Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Arikunto, S., (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Falaakh, Iqliima Filasthiin., Imam Sujadi., & Getut Pramesti. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 16 Surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi, 3(1): 80-90
Nugroho. (2018). Pengembangan Profesionalitas Guru Sekolah Dasar Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta
Prabowo, A. (2021). Penggunaan liveworksheet dengan aplikasi berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383–388. doi: 10.52436/1.jpti.87
Santosa. (2022) Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kelas V SD Negeri Sudimoro 2 Tahun Ajaran 2021/2022. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Vol. 2. No. 2 Juni 2022
Widiyani & Pramudiani (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021.
Widyaswati. (2022) Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas Iv Sdn 2 Mantingan. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Vol. 2. No. 2 Juni 2022
Winataputra, U. S. (2014). Pembelajaran PKn di SD (372.83; Vol. 1, Issue 372.83, pp.1–49). Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4011/
Winataputra, U. S. (2014). Pembelajaran PKn di SD (372.83; Vol. 1, Issue 372.83, pp.1–49). Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4011/