Meningkatkan Academic Engagement Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Mindfullness

Authors

  • Ridho Muhammad Reza Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kematangan Emosional, Bimbingan Klasikal, Role Playing

Abstract

Kematangan emosi adalah individu yang telah dapat mengontrol diri dengan baik, mampu mengekspresikan emosi sesuai dengan situasi dan keadaan yang tepat sehingga memudahkan dalam beradaptasi. Para remaja yang berada pada fase peralihan anak-anak menuju dewasa perlu memiliki kematangan emosional yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan layanan bimbingan klasikal dengan penerapan teknik role playing untuk meningkatkan kematangan emosional peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dan lembar observasi. Instrumen yang digunakan adalah skala kematangan emosional dan pedoman observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan skor kematangan emosional pada setiap siklus yang dilakukan. Terlihat pra siklus siswa dengan kategori tinggi dan sangat tinggi hanya ada 11 peserta didik (31%), kemudian pada siklus I terlihat adanya peningkatan jumlah siswa yang mendapatkan kategori tinggi dan sangat tinggi menjadi 18 peserta didik (50%), selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan terkait hasil perolehan skor siswa berdasarkan hasil post-test skala kecerdasan emosional siswa yaitu dibuktikan dengan adanya peningkatan menjadi 28 peserta didik (78%). Berdasarkan hasil yang telah dijelaskan diatas, dapat disimpulkan bahwa kematangan emosional pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Semarang dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan klasikal teknik role playing.

References

Andriati, N. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 36–42. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/6873/4939

Annisavitry, Y., & Budiani, M. S. (2017). Hubungan antara kematangan emosi dengan agresivitas pada remaja. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 4(1), 1–6.

Anto, Y. (2014). Meningkatan Kematangan Emosional dengan Teknik Role Play Siswa Kelas X Teknik Mesin SMK Saraswati Salatiga Semester Genap tahun Pelajaran 2013/2014. Universitas Kristen Satya Wacana.

Gill, S. B. D. S. (2015). Emotional Intelligence In Relation To Emotional Maturity And Emotional Competence Of Secondary School Students. Global Journal of Multidisciplinary Studies, 4(6), 200–204.

Gorlow, L., & Katkovsky, W. (1976). The psychology of adjustment. New York: McGraw-Hill Book Company.

Huda, M. (2013). Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran. In Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Laia, B., & Daeli, B. (2022). Hubungan Kematangan Emosional dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Faomasi Kecamatan Lahomi Kabupaten Nias Barat. COUNSELINGFOR ALL: Jurnal Bimbingan Dan Konseling , 2(2). Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling

Monica, A. T. (2015). Regulasi Emosi Pada Wanita Pengidap Katsaridaphobia. Medan: Universitas Medan Area.

Nurihsan, A. J., & Agustin, M. (2013). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja: Tinjauan Psikologi, Pendidikan dan Bimbingan. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susilowati, E. (2013). Kematangan emosi dengan penyesuaian sosial pada siswa akselerasi tingkat SMP. Jurnal Online Psikologi, 01(01), 101–113.

Walgito, B. (2005). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Reza, R. M. . (2023). Meningkatkan Academic Engagement Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Mindfullness. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 969–976. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5207

Issue

Section

Prosiding 2023