Peningkatan Hasil Belajar IPAS dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Metode Role Playing Kelas V SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang

Authors

  • Ainaya Hanum Lutfia Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Peningkatan Hasil Belajar, Problem Based Learning, Ekosistem

Abstract

Penelitian ini berasal dari permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi ekosistem. Hal ini disebabkan guru belum menggunakan model dan metode pembelajaran yang inovatif seperti yang dianjurkan digunakan dalam Kurikulum Merdeka. Dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan metode Role Playing diharapkan agar siswa dapat aktif dan hasil belajarnya meningkat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Adapun penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil aktivitas belajar siswa siklus 1 menunjukkan persentase sebesar 76% dan siklus 2 sebesar 83%. Hasil perbaikan pembelajaran siklus 1 menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 63% dengan rata-rata 73 dan siklus 2 menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 79% dengan rata-rata 79. Berdasarkan data hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar materi ekosistem pada siswa kelas V SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang .

References

Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu , 6(5), 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Di Sekolah Dasar. Polyglot, 14(1), 9–18. http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i1.789

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Azzahra, I., Nurhasanah, A., & Hermawati, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6230-6238.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.

Fara, E. L. (2017). Peningkatan Pemahaman Tentang Berpikir Positif Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Role Playing. Journal of Prospective Learning, 2(1), 19–26.

Hima, N. H. M., Kartinah, & Reffiane, F. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD . Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3935 - 3945. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1066

Kemedikbudristek. 2022. Hal-hal Esensial Kurikulum Merdeka di Jenjang SD. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/hal-hal-esensial-kurikulum merdeka-di-jenjang sd#:~:text=Dalam%20Kurikulum%20Merdeka%2C%20mata%20pelajaran,dan%20sosial%20dalam%20satu%20kesatuan.

Kemendikbudristek. 2022. Latar Belakang Kurikulum Merdeka. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/enus/articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka

Lutfia, A. H., Kusumaningsih, W., & Suneki, S. (2023). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA MATH PLAYGROUND DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 MATERI PENGURANGAN. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3676-3684.

Novelita, N., & Darmansyah. (2022). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1538 - 1550. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.446

Rahmawati, D. T., Kartinah, K., & Prasetyowati, D. (2019, August). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 4, pp. 388-392).

Sanjaya, Wina, Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta :Kencana Prenada

Media Group, 2014.

Shofia Hattarina, Nurul Saila, Adenta Faradila, Dita Refani Putri, & RR.Ghina Ayu Putri. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 181–192. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(2), 599-603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Lutfia, A. H. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Metode Role Playing Kelas V SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2746–2753. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5433

Issue

Section

Prosiding 2023