MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PESERTA DIDIK KELAS XI 5 SMA NEGERI 8 SEMARANG

Authors

  • Ire Wardani Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kemampuan kolaborasi, Teknik bermain peran (role playing)

Abstract

Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dengan menggunakan teknik bermain peran (role playing) pada layanan bimbingan kelompok di kelas XI 5 SMA Negeri 8 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik sebanyak 8. Tindakan yang dilakukan dengan menerapkan teknik bermain peran (role playing) pada layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan bimbingan konseling, dapat di jelaskan bahwa : hasil peningkatan kemampuan kolaborasi peserta didik dari pretest/tes awal kemampuan kolaborasi persentaspersentas 45,42%. Pada siklis I diberikan tindakan dengan teknik bermain peran (role playing), Pada siklis II diberikan tindakan dengan teknik bermain peran (role playing), Pada siklis III diberikan tindakan dengan teknik bermain peran (role playing), dan dilanjutkan tes akhir atau post test. Hasil test akhir/post tes memenuhi kategori baik, yaitu 74,17%. Terdapat kenaikan yang signifikan sebelum dan sesudah dilakakan perlakuan, presentase sebelum tindakan yaitu 45,42% (Kategori Kurang), presentase setelah tindakan yaitu 53,42% (Kategori Sedang), dan presentase setelah tindakan 74,17% (Kategori Tinggi). Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif dapat diterima, bahwa: teknik bermain peran (role playing) bisa meningkatkan kemampuan kolaborasi pada layanan bimbingan kelompok di kelas XI 5 SMA Negeri 8 Semarang.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking Dancreative Thinking) Untuk menyongsong Era Abad 21. Banyuwangi : Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI .

Depdiknas (2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. Jember: Jurnal Edukatif UNEJ.

Purnamasari, L. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah pada Materi Fluida Dinamik Untuk Menumbuhkan Literasi Digital dan Kemampuan Berkolaborasi Peserta. Lampung: Doctoral Dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Wiriaatmadja, R. (2008) Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Wardani, I. . (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PESERTA DIDIK KELAS XI 5 SMA NEGERI 8 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 902–908. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5198

Issue

Section

Prosiding 2023