UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MEDIA WORDWALL PADA SISWA KELAS VA SDN PEDURUNGAN KIDUL 01 KOTA SEMARANG
Keywords:
Hasil Belajar, Pendidikan pancasila, WordwallAbstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila disebabkan oleh kurang fokusnya peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pesreta didik kelas VA SDN Pedurungan Kidul 01 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan media pembelajaran Wordwall. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 27 peserta didik dengan variable terikat hasil belajar dan variable bebas penggunaan media Wordwall. Instrument dalam penelitian ini adalah hasil tes peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang menunjukkan bahwa peserta didik yang memenuhi Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) pada Pra siklus adalah 56% dengan rata-rata 76,67 siklus 1 adalah sebanyak 70% dengan rata-rata 82,22 sedangkan pada siklus 2 presentase peserta didik yang mencapai KKTP sebanyak 85% dengan rata-rata 85,92 artinya terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VA SDN Pedurungan Kidul 01 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi keragaman budaya Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Wordwall.
References
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas media pembelajaran aplikasi wordwall terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794-5800.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.
Ningari, W. F. (2022). Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui metode pembelajaran contexstual and learning. Didactica: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 31-37.
Mazida, M., Pramasdyahsari, A. S., Jannah, F. M., & Sumarno, S. (2024). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS GAME UBUR-UBUR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1).
Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Word Wall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835.
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193-203.
Rachman, F., & Azam, Q. (2021). Pembelajaran jarak jauh pendidikan pancasila dan kewarganegaraan pada masa pandemi covid-19. Journal of Moral and Civic Education, 5(1), 42-55.
Rahmadi, I. F. (2019). Technological pedagogical content knowledge (tpack): kerangka pengetahuan guru abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1).
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-77.
Rosidah, R., Nizaar, M., Muhardini, S., Haifaturrahmah, H., & Mariyati, Y. (2022, July). Efektifitas Media Pembelajaran Game interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 2, pp. 10-16).
Savira, A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5453-5460.
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model pembelajaran mastery learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Deepublish.