PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI TE 3 SMK NEGERI 4 SEMARANG MELALUI MEDIA WORDWALL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
Keywords:
Pendidikan Pancasila, wordwall, motivasi belajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset tindakan” yang dilakukan dalam rangkaian guna memecahkan masalah. Penelitian ini mengkaji masalah mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMK Negeri 4 Semarang kurang diminati peserta didik karena cara pengajaran pendidik yang masih monoton. Rendahnya minat dan motivasi pada diri siswa akan sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, untuk itu perlu adanya inovasi baru yang dilakukan pendidik untuk membangun minat dan motivasi siswa. Selanjutnya diberikan tindakan berupa penerapan media pembelajaran wordwall. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 Semarang dengan subyek penelitian 36 siswa di kelas XI TE 3, yang terdiri dari 14 perempuan dan 22 siswa laki- laki. Dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan terdiri dari empat komponen pokok yang juga menunjukkan langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penerapan media pembelajaran wordwall memiliki dampak positif terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu peningkatan persentase peserta didik yang mencapai hasil yang diharapkan dari pra-siklus hingga siklus 2. Pada tahap pra-siklus hanya 43,33% terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus 1 mencapai 65% peningkatan terus berlanjut pada siklus 2 dengan 86,66%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran pada siklus 2 semakin efektif dalam membantu peserta didik mencapai target pembelajaran.
References
Arikunto, S (2010), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Jakarta : PT Rineka Cipta, 2006.
Arikunto, s Dkk, (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
A.I. Nadia1,dkk. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia Volume 12 Nomor 1 Tahun 2022
Cahyani, Riska Endah (2022) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Pembelajaran Pkn Di Ma Bilingual Batu. Program Sarjana Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.
Hamzah B. Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Imam Tanthowi1, dkk. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JUSTEK : JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek ISSN 2620-5475 Vol. 6, No. 4, Desember 2023, Hal. 563-571
Kajian, J., Indonesia, P., Pelajaran, M., & Pancasila, P. (2023). Pelita : Pengaruh Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada. 3(2), 42–51.
Mustafa, Pinton Setya. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Insight Mediatama.
Nasrah dan A. muafiah.( 2020). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring mahasiswa pada masa pandemik Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar 03(2).
Natalia, Lena,dkk. (2023). Pentingnya Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter dan Moral di Lembaga Pendidikan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Volume 1, Nomor 10, November 2023, Halaman 266-272
Oktaviani, P. S., Hadiana, O., Heriyana, T., Nurhayati, T., & Cirebon, U. M. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Dan. 9(2), 125–136
Tim Kurikulum. (2023). Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SMKNegeri 4 Semarang Tahun Pelajaan 2023-2024 (p. 55).
Uno, H.(2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi AksaraBandung PT Remaja Rosdaka Karya
Wibawanto, W., & Ds, S. s. M. (2017). Desain dan pemrograman multimedia pembelajaran interaktif. Cerdas Ulet Kreatif Publisher.
Zahro, Nur Azizah Q. (2023), Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Vol 2 No 1