Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SDN Sambirejo 02 Semarang
Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik terutama pada kelas V SDN
Sambirejo 02 Semarang pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Rendahnya Hasil belajar peserta
didik disebabkan pembelajaran masih bersifat konvensional, tidak menerapkan model pembelajaran
yang inovatif, sehingga membuat peserta didik mudah bosan. Perbaikan pembelajaran dengan
menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah peserta
didik kelas V SDN Sambirejo 02 Semarang dengan jumlah peserta didik 27 terdiri dari 10 anak laki-laki
dan 17 anak perempuan. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri
dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,
dan refleksi. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta
didik kelas V SDN Sambirejo 02 Semarang. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari siklus
satu ke siklus dua. Perubahan tersebut terjadi dikarenakan adanya tindakan menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran yang dilaksanakan pada mata
pelajaran Pendidikan Pancasila BAB 1 Pancasila dalam Kehidupanku. Pada pra siklus, peserta didik
yang tuntas adalah 10 peserta didik dengan peresentase 37% sedangkan yang tidak tuntas adalah 17
peserta didik dengan persentase 63%. Sedangkan memasuki siklus 1 peserta didik yang tuntas berjumlah
13 peserta didik dengan persentase 48% dan yang tidak tuntas berjumlah 14 peserta didik dengan
presentase 51,8%. Pada siklus ke 2 peserta didik yang tuntas berjumlah 22 peserta didik dengan
persentase 81,4% dan yang tidak tuntas sebanyak 5 peserta didik dengan presentase 18,5%. Hal ini
menunjukkan bahwa target penelitian pada kelas V SDN Sambirejo 02 Semarang tercapai pada siklus 2
dengan Persentase ketuntasan sudah diatas rata-rata. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas
V SDN Sambirejo 02 Semarang.
References
Annisa, F., & Marlina, M. (2019).
Penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe index card match
terhadap aktivitas dan hasil
belajar matematika peserta
didik. Jurnal Basicedu, 3(4),
-1054.
Aprima, D., Sari, Sasmita. (2022). Analisis
Penerapan Pembelajaran
Berdiferensiasi dalam
Implementasi Kurikulum
Merdeka pada Pelajaran
Matematika SD. Cendekia: Media
Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol
(1), Hal. 95-101
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan
kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas
dalam meningkatkan efektifitas
proses belajar mengajar. TADBIR:
Jurnal Manajemen Pendidikan
Islam, 5(2), 87-105.
Farhana, Husna., Awiria., Nurul M. 2019.
Penelitian Tindakan Kelas.
Harapan cerdas: Jakarta.
Gustama, I. W. (2019). Penerapan Model
PBL (Problem Based Learning)
Untuk Meningkatkan
Keterampilan Kewarganegaraan
(Civic Skills) Siswa Kelas Xi IA6
Sma Negeri 1 Singaraja Tahun
Pelajaran 2013/2014. Jurnal
Pendidikan Kewarganegaraan
Undiksha, 7(1), 1-9.
Hasanah, E., Darmawan, D., & Nanang, N.
(2019). Pengaruh Penggunaan
Media Pembelajaran Articulate
dalam Metode Problem Based
Learning (PBL) terhadap
Peningkatan Kemampuan
Berpikir Kreatif Peserta
Didik. Teknologi
Pembelajaran, 4(2).
Hasyim, M. H. M. (2014). Penerapan fungsi
guru dalam proses pembelajaran.
AULADUNA: Jurnal Pendidikan
Dasar Islam, 1(2), 265-276.
Ibda, F. (2012). Pendidikan Moral Anak
Melalui Pengajaran Bidang Studi
PPKn dan Pendidikan Agama.
Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 12(2),
–347.
Jannah, F. (2015). Implementasi Model
Pembelajaran Kontekstual dalam
Meningkatkan Kualitas Proses
Pembelajaran di Sekolah Dasar. -,
(2), 19-24.
Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I.
(2020). Fase dan tugas
perkembangan anak Sekolah Da-
sar. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Dasar, 7(1), 51-59.
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018).
Pengaruh motivasi belajar dan
disiplin belajar terhadap prestasi
belajar matematika siswa.
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A.
(2019, October). Problem based
learning (PBL) untuk
meningkatkan keterampilan
berpikir kritis. In Prosiding
Seminar Nasional
Pendidikan (Vol. 1, pp. 924-932).
Nafisah, K., Margunani, M., & Latifah, L.
(2015). Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Hasil Belajar
Akuntansi Siswa Kelas XI
Program Keahlian Akuntansi SMK
Negeri 2 Semarang. Economic
Education Analysis Journal, 4(1).
Nugraha, U. (2015). Hubungan Persepsi,
Sikap Dan Motivasi Belajar
Terhadap Hasil Belajar Pada
Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Dan Kesehatan Universitas
Jambi. Cerdas Sifa
Pendidikan, 4(1).
Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. (2018).
Pengaruh strategi pembelajaran
aktif terhadap hasil belajar pada
Madrasah Ibtidaiyah. Universitas
Muhammadiyah Sidoarjo.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan
Pancasila sebagai upaya
membentuk karakter jujur. Jurnal
Pendidikan Kewarganegaraan
Undiksha, 9(1), 33-41.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar
dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal
Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman,
(2), 333-352.
Putra, Z. (2018). Implementasi pendidikan
Pancasila sebagai character
building mahasiswa di Universitas
Sembilanbelas November
Kolaka. Jurnal Citizenship:
Media Publikasi Pendidikan
Pancasila dan
Kewarganegaraan, 1(1), 9-13.
Rifa'i, M., Ananda, R., & Fadhli, M. (2018).
Manajemen peserta didik
(Pengelolaan peserta didik untuk
efektivitas pembelajaran).
Rusman. (2016) Model-model Pem-
belajaran. Jakarta: Kharisma
Putra Utama.
Sahir., Syafrida H., 2022. Metodologi
Penelitian. Bojonegoro: KNM Indonesia.
Samiyah, S., Halim, A., & Tjahjono, A.
(2016). UPAYA
MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR MENULIS CERITA
DENGAN PENDEKATAN
KONTEKSTUAL PADA SISWA
KELAS VI SEKOLAH DASAR
NEGERI 2 BUMIREJO TAHUN
/2017 (Doctoral dissertation,
STIE Widya Wiwaha).
Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Kencana
Prenada Media.
Setiana, N. (2013). Penerapan Model
Pembelajaran Kontekstual Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar IPS
Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
EduHumaniora| Jurnal
Pendidikan Dasar Kampus
Cibiru, 5(1).
Sirait, M., & Noer, P. A. (2013). Pengaruh
model pembelajaran kooperatif
tipe make a match terhadap hasil
belajar siswa. INPAFI (Inovasi
Pembelajaran Fisika), 1(3).
Siskawati, Sary, R., M., Purnamasari, V.
(2022). Kesiapan Peserta didik
Dalam Menyelesaikan Soal
Asesmen Kompetensi Minimum
(AKM) Literasi dan Numerasi
Kelas V SDN Palebon 1 Semarang.
Jurnal Sekolah PGSD FIP
UNIMED, Vol. 6 (3), Hal. 37-47
Slameto, S. (2015). Implementasi
Penelitian Tindakan Kelas.
Scholaria: Jurnal Pendidikan
Dan Kebudayaan, 5(3), 47-58.
Sulastri, A. (2016). Penerapan pendekatan
kontekstual dalam pembelajaran
matematika untuk meningkatkan
pemahaman konsep matematis
siswa sekolah dasar. Jurnal
Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
(1), 156-170.
Suryani, E., Rustono, W. S., & Nugraha, A.
(2018). Pengaruh Model Example
Non Example terhadap Hasil
Belajar pada Materi Sumber Daya
Alam di SD. PEDADIDAKTIKA:
Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru
Sek olah Dasar, 5(1), 100-108.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D.
(2022). Penelitian tindakan kelas.
Media Nusa Creative (MNC
Publishing).
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) solusi alternatif
problematika pembelajaran.
Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01).
Syahfitri, R., Kusumawati, T. I., & Rambe,
R. N. (2022). Pengaruh Model
Pembelajaran Contextual
Teaching And Learning (CTL)
terhadap Hasil Belajar Siswa pada
Mata Pelajaran IPS. Jurnal
Pendidikan dan Konseling
(JPDK), 4(6), 1079-1088.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami,
E. (2020). Strategi pembelajaran
aktif dalam meningkatkan
motivasi belajar pkn peserta didik.
Mahaguru: Jurnal Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.
Winataputra, U. S. (2016). Posisi akademik
pendidikan kewarganegaraan
(PKn) dan muatan/mata pelajaran
pendidikan pancasila dan
kewarganegaraan (PPKn) dalam
konteks sistem pendidikan
nasional. Jurnal moral
kemasyarakatan, 1(1), 15-36.