Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SDN Sambirejo 02 Semarang

Authors

  • Nikmatul Fadilah , Muhammad Prayitno, Nuruliarsih Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik terutama pada kelas V SDN
Sambirejo 02 Semarang pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Rendahnya Hasil belajar peserta
didik disebabkan pembelajaran masih bersifat konvensional, tidak menerapkan model pembelajaran
yang inovatif, sehingga membuat peserta didik mudah bosan. Perbaikan pembelajaran dengan
menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah peserta
didik kelas V SDN Sambirejo 02 Semarang dengan jumlah peserta didik 27 terdiri dari 10 anak laki-laki
dan 17 anak perempuan. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri
dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,
dan refleksi. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta
didik kelas V SDN Sambirejo 02 Semarang. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari siklus
satu ke siklus dua. Perubahan tersebut terjadi dikarenakan adanya tindakan menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran yang dilaksanakan pada mata
pelajaran Pendidikan Pancasila BAB 1 Pancasila dalam Kehidupanku. Pada pra siklus, peserta didik
yang tuntas adalah 10 peserta didik dengan peresentase 37% sedangkan yang tidak tuntas adalah 17
peserta didik dengan persentase 63%. Sedangkan memasuki siklus 1 peserta didik yang tuntas berjumlah
13 peserta didik dengan persentase 48% dan yang tidak tuntas berjumlah 14 peserta didik dengan
presentase 51,8%. Pada siklus ke 2 peserta didik yang tuntas berjumlah 22 peserta didik dengan
persentase 81,4% dan yang tidak tuntas sebanyak 5 peserta didik dengan presentase 18,5%. Hal ini
menunjukkan bahwa target penelitian pada kelas V SDN Sambirejo 02 Semarang tercapai pada siklus 2
dengan Persentase ketuntasan sudah diatas rata-rata. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas
V SDN Sambirejo 02 Semarang.

References

Annisa, F., & Marlina, M. (2019).

Penerapan model pembelajaran

kooperatif tipe index card match

terhadap aktivitas dan hasil

belajar matematika peserta

didik. Jurnal Basicedu, 3(4),

-1054.

Aprima, D., Sari, Sasmita. (2022). Analisis

Penerapan Pembelajaran

Berdiferensiasi dalam

Implementasi Kurikulum

Merdeka pada Pelajaran

Matematika SD. Cendekia: Media

Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol

(1), Hal. 95-101

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan

kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas

dalam meningkatkan efektifitas

proses belajar mengajar. TADBIR:

Jurnal Manajemen Pendidikan

Islam, 5(2), 87-105.

Farhana, Husna., Awiria., Nurul M. 2019.

Penelitian Tindakan Kelas.

Harapan cerdas: Jakarta.

Gustama, I. W. (2019). Penerapan Model

PBL (Problem Based Learning)

Untuk Meningkatkan

Keterampilan Kewarganegaraan

(Civic Skills) Siswa Kelas Xi IA6

Sma Negeri 1 Singaraja Tahun

Pelajaran 2013/2014. Jurnal

Pendidikan Kewarganegaraan

Undiksha, 7(1), 1-9.

Hasanah, E., Darmawan, D., & Nanang, N.

(2019). Pengaruh Penggunaan

Media Pembelajaran Articulate

dalam Metode Problem Based

Learning (PBL) terhadap

Peningkatan Kemampuan

Berpikir Kreatif Peserta

Didik. Teknologi

Pembelajaran, 4(2).

Hasyim, M. H. M. (2014). Penerapan fungsi

guru dalam proses pembelajaran.

AULADUNA: Jurnal Pendidikan

Dasar Islam, 1(2), 265-276.

Ibda, F. (2012). Pendidikan Moral Anak

Melalui Pengajaran Bidang Studi

PPKn dan Pendidikan Agama.

Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 12(2),

–347.

Jannah, F. (2015). Implementasi Model

Pembelajaran Kontekstual dalam

Meningkatkan Kualitas Proses

Pembelajaran di Sekolah Dasar. -,

(2), 19-24.

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I.

(2020). Fase dan tugas

perkembangan anak Sekolah Da-

sar. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Dasar, 7(1), 51-59.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018).

Pengaruh motivasi belajar dan

disiplin belajar terhadap prestasi

belajar matematika siswa.

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A.

(2019, October). Problem based

learning (PBL) untuk

meningkatkan keterampilan

berpikir kritis. In Prosiding

Seminar Nasional

Pendidikan (Vol. 1, pp. 924-932).

Nafisah, K., Margunani, M., & Latifah, L.

(2015). Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi Hasil Belajar

Akuntansi Siswa Kelas XI

Program Keahlian Akuntansi SMK

Negeri 2 Semarang. Economic

Education Analysis Journal, 4(1).

Nugraha, U. (2015). Hubungan Persepsi,

Sikap Dan Motivasi Belajar

Terhadap Hasil Belajar Pada

Mahasiswa Pendidikan Olahraga

Dan Kesehatan Universitas

Jambi. Cerdas Sifa

Pendidikan, 4(1).

Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. (2018).

Pengaruh strategi pembelajaran

aktif terhadap hasil belajar pada

Madrasah Ibtidaiyah. Universitas

Muhammadiyah Sidoarjo.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan

Pancasila sebagai upaya

membentuk karakter jujur. Jurnal

Pendidikan Kewarganegaraan

Undiksha, 9(1), 33-41.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar

dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal

Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman,

(2), 333-352.

Putra, Z. (2018). Implementasi pendidikan

Pancasila sebagai character

building mahasiswa di Universitas

Sembilanbelas November

Kolaka. Jurnal Citizenship:

Media Publikasi Pendidikan

Pancasila dan

Kewarganegaraan, 1(1), 9-13.

Rifa'i, M., Ananda, R., & Fadhli, M. (2018).

Manajemen peserta didik

(Pengelolaan peserta didik untuk

efektivitas pembelajaran).

Rusman. (2016) Model-model Pem-

belajaran. Jakarta: Kharisma

Putra Utama.

Sahir., Syafrida H., 2022. Metodologi

Penelitian. Bojonegoro: KNM Indonesia.

Samiyah, S., Halim, A., & Tjahjono, A.

(2016). UPAYA

MENINGKATKAN HASIL

BELAJAR MENULIS CERITA

DENGAN PENDEKATAN

KONTEKSTUAL PADA SISWA

KELAS VI SEKOLAH DASAR

NEGERI 2 BUMIREJO TAHUN

/2017 (Doctoral dissertation,

STIE Widya Wiwaha).

Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana

Prenada Media.

Setiana, N. (2013). Penerapan Model

Pembelajaran Kontekstual Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar IPS

Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

EduHumaniora| Jurnal

Pendidikan Dasar Kampus

Cibiru, 5(1).

Sirait, M., & Noer, P. A. (2013). Pengaruh

model pembelajaran kooperatif

tipe make a match terhadap hasil

belajar siswa. INPAFI (Inovasi

Pembelajaran Fisika), 1(3).

Siskawati, Sary, R., M., Purnamasari, V.

(2022). Kesiapan Peserta didik

Dalam Menyelesaikan Soal

Asesmen Kompetensi Minimum

(AKM) Literasi dan Numerasi

Kelas V SDN Palebon 1 Semarang.

Jurnal Sekolah PGSD FIP

UNIMED, Vol. 6 (3), Hal. 37-47

Slameto, S. (2015). Implementasi

Penelitian Tindakan Kelas.

Scholaria: Jurnal Pendidikan

Dan Kebudayaan, 5(3), 47-58.

Sulastri, A. (2016). Penerapan pendekatan

kontekstual dalam pembelajaran

matematika untuk meningkatkan

pemahaman konsep matematis

siswa sekolah dasar. Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

(1), 156-170.

Suryani, E., Rustono, W. S., & Nugraha, A.

(2018). Pengaruh Model Example

Non Example terhadap Hasil

Belajar pada Materi Sumber Daya

Alam di SD. PEDADIDAKTIKA:

Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru

Sek olah Dasar, 5(1), 100-108.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D.

(2022). Penelitian tindakan kelas.

Media Nusa Creative (MNC

Publishing).

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan

Kelas (PTK) solusi alternatif

problematika pembelajaran.

Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01).

Syahfitri, R., Kusumawati, T. I., & Rambe,

R. N. (2022). Pengaruh Model

Pembelajaran Contextual

Teaching And Learning (CTL)

terhadap Hasil Belajar Siswa pada

Mata Pelajaran IPS. Jurnal

Pendidikan dan Konseling

(JPDK), 4(6), 1079-1088.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami,

E. (2020). Strategi pembelajaran

aktif dalam meningkatkan

motivasi belajar pkn peserta didik.

Mahaguru: Jurnal Pendidikan

Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.

Winataputra, U. S. (2016). Posisi akademik

pendidikan kewarganegaraan

(PKn) dan muatan/mata pelajaran

pendidikan pancasila dan

kewarganegaraan (PPKn) dalam

konteks sistem pendidikan

nasional. Jurnal moral

kemasyarakatan, 1(1), 15-36.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Fadilah, N. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SDN Sambirejo 02 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2614–2624. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5419

Issue

Section

Prosiding 2023