UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATERI IKLAN

Authors

  • Annisa Nurwulan Maulida Universitas PGRI Semarang
  • Ratih Rosana Sari
  • Muhajir

Keywords:

Hasil Belajar Peserta Didik, Model Pembelajaran Make A Match, Iklan

Abstract

Pendidikan menjadi usaha terencana manusia untuk mengembangkan potensi dan kemampuan akademik maupun non akademik. Pendidik merupakan salah satu fasilitator yang mempunyai wewenang sebagai penyalur ilmu pengetahuan. Sama halnya dengan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan peneliti mempunyai tujuan untuk meningkatkan antusiasme, motivasi, dan minat belajar dari peserta didik. Besarnya minat dan antusiasme yang didapatkan oleh peserta didik maka akan memicu pemahaman yang baik sehingga menghasilkan hasil belajar yang meningkat atau melebihi kriteria ketuntasan minimum. Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini yaitu terkait upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Make a Match. Penelitian ini mempunyai tujuan yang ingin dicapai yaitu: 1) mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran Make a Match, dan 2) meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik setelah menggunakan dan mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Make a Match. Penelitian ini menghasilkan pada pra siklus terdapat peserta didik yang mengalami ketuntasan dalam segi hasil belajar yaitu 6 (enam) peserta didik atau 20%. Peneliti melakukan pembelajaran menggunakan model Make a Match kemudian melakukan penilaian pada peserta didik dan mendapatkan hasil belajar ketuntasan yaitu 14 (empat belas) atau 47% dengan rata-rata yang didapatkan yaitu 66%. Hasil belajar pra siklus dengan siklus I meningkat, namun rendah. Peneliti melaksanakan siklus II dan mendapatkan hasil belajar dengan ketuntasan 27 (dua puluh tujuh) peserta didik atau 90% dengan rata-rata nilai yang dihasilkan yaitu 83% dari keseluruhan jumlah peserta didik. Dengan begitu Penelitian Tindakan Kelas ini dikatakan memberikan antusiasme dan minat peserta didik dan dikatakan meningkat menggunakan model pembelajaran Make a Match

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nurwulan Maulida, A. ., Rosana Sari, R., & Muhajir. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATERI IKLAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 18–27. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4752

Issue

Section

Prosiding 2023