Penerapan Circuit Training untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PJOK Siswa di SMA Negeri 9 Semarang

Authors

  • Ghiska Melindasari Universitas PGRI Semarang
  • Bertika Kusuma Prastiwi Universitas PGRI Semarang
  • Priyo Hutomo SMA N 9 Semarang

Keywords:

circuit training, motivasi belajar, kekuatan otot lengan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan circuit training dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMA Negeri 9 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian 58 siswa kelas XI. Masalah yang melatarbelakangi penelitian adalah rendahnya motivasi belajar dan kekuatan otot lengan siswa dalam pembelajaran PJOK. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner motivasi belajar, dengan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji t-test berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada motivasi belajar siswa dengan rata-rata skor meningkat dari 56,67 pada siklus 1 menjadi 66,69 pada siklus 2, atau terjadi peningkatan sebesar 17.69%. Uji t-test berpasangan menghasilkan nilai t hitung -14,56 dengan p-value 0,00, menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar sangat signifikan secara statistik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan circuit training efektif untuk meningkatkan motivasi belajar PJOK siswa dan dapat direkomendasikan sebagai metode pembelajaran alternatif untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PJOK.

Author Biography

Bertika Kusuma Prastiwi, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

References

Aluwis, Putra, M., Ulfa, N., & Subhan, M. (2023). Analisis Tingkat Kesulitan Belajar PJOK pada Siswa Kelas VII MTs Thamrin Yahya. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 4(2). https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JETE/article/view/25052/10252

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=-RwmEAAAQBAJ

Citra Beauty, T. R., Nurhasan, N., & Syam Tuasikal, A. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Permainan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 499–507. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1499

Fikri, A. (2017). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Metode Latihan Sirkuit Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma Negeri 1 Lubuklinggau. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 89–102. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian, 3, 89–102.

Gu, X., Chang, M., & Solmon, M. A. (2016). Physical Activity , Physical Fitness , and Health-Related Quality of Life in School-Aged Children. 117–126.

Guthold, R., Stevens, G. A., Riley, L. M., & Bull, F. C. (2020). Global trends in insufficient physical activity among adolescents: a pooled analysis of 298 population-based surveys with 1·6 million participants. The Lancet. Child & Adolescent Health, 4(1), 23–35. https://doi.org/10.1016/S2352-4642(19)30323-2

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran PJOK SMA/MA/SMK. Kemendikbudristek.

Kementrian Kesehatan RI. (2020). Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan.

Lynch. (2019). Physical Education and Wellbeing: Global and Holistic Approaches to Child Health. Palgrave Macmillan. https://doi.org/10.1007/978-3-030-22266-6

Mutaqin, L. U. (2018). Upaya meningkatan kebugaran jasmani melalui circuit training. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jpji.v14i1.21339

Perdima, F. E. (2019). Pengaruh Metode Latihan Sirkuit Dan Metode Konvensional Terhadap Keterampilan Dasar Bola Basket. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.36706/altius.v6i1.8221

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary Educational Psychology, 61, 101860. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101860

Santos, C. G., Lemos, M. E., Vieira, J. G., & Ferreira, A. P. (2022). Effects of circuit training on muscle strength and cardiorespiratory fitness in adolescents: a systematic review with meta-analysis. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(1), 314.

Sato, T., & Haegele, J. A. (2017). Graduate students’ practicum experiences instructing students with severe and profound disabilities in physical education. European Physical Education Review, 23, 196–211. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:148282429

Suriyadi, A. (2018). MATERI PELATIHAN A . Konsep , Kedudukan Dan Makna Pendidikan Jasmani Materi Pengantar. 4–67.

Zakaria, M. I., Arief, N. A., Jasmani, P., Rekreasi, K., & Surabaya, U. N. (2024). Hubungan Motivasi Olahraga dan Aktivitas Fisik dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII SMP Labschool Unesa 1 Surabaya. 8(2023), 42864–42872.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Melindasari, G., Bertika Kusuma Prastiwi, & Priyo Hutomo. (2024). Penerapan Circuit Training untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PJOK Siswa di SMA Negeri 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010139. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6940

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.