Meningkatkan Academic Engagement Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Mindfullness

Authors

  • Relegia Puspita Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Academic Engagement, Bimbingan Kelompok, Teknik Mindfullness

Abstract

Fenomena yang muncul dalam penelitian ini adalah siswa sering sekali yang menunjukan sikap cenderung pasif, pesimis, kurang bersemangat dalam belajar seperti mengerjakan tugas dan seringnya berbicara bahkan sibuk sendiri tidak mendengarkan saat pelajaran berlangsung. Selain itu berdasarkan hasil observasi siswa menunjukan bahwa siswa sering merasa bosan, mengantuk, dan sering bermain HP saat guru yang tidak enak dan tidak disuaki mengajar dikelas. Ketika dirumah juga siswa lebih memilih untuk mengahbiskan wkatu dengan menonton televise, membuka social media. Fenomena tersebut dinamakan academic engagement yang rendah. Penelitian ini merupakan penlitian tindakan kelas dimana subyek berjumlah delapan orang berdasarkan pada kretiria yang memenuhi dalam pelaksanaan layanan ini dengan tiga siklus. Teknik analisis data deskriptif dan  menggunakan uji paired t-test dimana uji tersebut untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan rata-rata dari dua grup yang tidak berhubungan (bebas) satu dengan yang lain.  hasil uji paired sample t-test didapatkan hasil seperti pada tabel, dimana hasil dari 3 uji ini nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan Academic engagement siswa sebelum diberikan layanan berupa Bimbingan Kelompok Teknik Mindfullness dan sesudah diberikan layanan berupa Bimbingan Kelompok Teknik Mindfullness.

References

Appleton, J.J., Christenson, S.I. & Furlong, M.E. (2008). Student Engagement with School Conceptual and Methodological Issues of the Construct. Psychology in The School, 45 (5):369—386.

Beddoe, A.E., & Murphy, S.O. (2004). Does Mindfulness Decrease Stress and Foster Empathy among Nursing Student. Journal of Nursing Education, 43, 305-312.

Glaser-Zikuda, M., Stuchl’ikov’a, I., & Jan’ik, T. (2018). Emotional aspects of learning and teaching: Reviewing the field - discussing the issues. Orbis Scholae, 7(2), 7–22. https : / / doi . org / 10 . 14712/23363177.2015.18

Iswinarti, Suharman. (2020). Meningkatkan Engagement pada Siswa melalui Variabel Emosi: Tinjauan Sistematik. Jurnal PSikologi : Buletin PSikologi. 30(2). 210-225.

Johnson, M. K., Crosnoe, R., & Elder Jr, G. H. (2001). Students' attachment and academic engagement The role of race and ethnicity. Sociology of education, 318-340. https://doi.org/10.2307/2673138

Mukodi, M. (2018). Tela‟ah Filosofis Arti Pendidikan dan Faktor-Faktor Pendidikan dalam Ilmu Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(01).

Pekrun, R (2006). Assumptions, corollaries, and implications for educational research and practice. Educational Psychology Review, 18(4), 315–341. https://doi.org/10.1007/s10648-006-9029-9

Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 164–179

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Puspita, R. . (2023). Meningkatkan Academic Engagement Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Mindfullness. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 959–968. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5206

Issue

Section

Prosiding 2023