Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Senam Lantai Gerakan Roll Belakang Dengan Pendekatan Tarl Peserta Didik Kelas X Te 3 Smk Negeri 7 Semarang
Keywords:
guling belakang, roll belakangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai, khususnya gerakan roll belakang, melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada siswa kelas X TE 3 SMK Negeri 7 Semarang. Masalah yang ditemukan adalah rendahnya persentase ketuntasan belajar siswa pada materi roll belakang, yaitu hanya 28% yang tuntas pada tahap pra-siklus. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus ke siklus. Pada siklus I, ketuntasan belajar meningkat menjadi 50%, dan pada siklus II mencapai 89%. Temuan ini membuktikan bahwa pendekatan TaRL dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam melakukan gerakan roll belakang dengan benar dan efektif. Selain itu, pendekatan ini juga mendorong siswa untuk belajar sesuai dengan tingkat kemampuan serta meningkatkan partisipasi aktif dan kerja sama antar siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
References
Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi Untuk Hasil Pembelajaran Senam Lantai. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 137. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8646
Luis, B., & Rosado, A. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Guling Depan dengan menggunakan Kertas dan Permainan “Ninja Warior” sebagai Alat Bantu dalam Proses Pembelajaran. 11, 187–195.
Pratiwi, E., & Asri, N. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Untuk Guru Sekolah Dasar.In
Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/5823/1/B5 DASAR PENDIDIKAN JASMANI GURU SD-1.pdf.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: JurnaIlmuKeislaman,9(1),4960.https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283.
Sepdanius, Endang, et al. (2019). Tes dan Pengukuran OLahraga. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue1).
Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136
Sutopo, W. G., & Sukoco, P. (2020). Pengembangan Model Alat Bantu Guling Belakang Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. JSH: Journal of …, 1(2), 84–92. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/JSH/article/view/1233
Wicaksono, L. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga Anak Usia Dini. Jiunal Pendidikan Anak, 274–282. https://core.ac.uk/download/pdf/294953011.pdf
Amri, Sofan & Ahmadi, Khoiru Lif. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Iskandar (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Cipayung – Ciputat: Gaung Persada (GP).
Soedarsono, FX. 2001. Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. DEPDIKNAS: DIRJEN DIKTI.
Yudhistira, Dadang. (2012). Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK. Jakarta: PT Grasindo.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Bandung: PT. Rineka Cipta.
Aqib, Z. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yramawidya.