Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Mind Mapping Mata Pelajaran PPKn Kelas 5 SDN Pandean Lamper 04

Authors

  • Elma Restyana

Keywords:

Hasil Belajar, Mind Mapping, PPKN

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang merasa kesulitan dalam menyerap dan memahami materi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari disebabkan karena pengamalan perilaku yang mencerminkan Pancasila sangat beragam. Karakteristik gaya belajar siswa yang berbeda-beda. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode Pelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V di SDN Pandeanlamper 04 Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar, pada tahap prasiklus mencapai 62%, siklus I mencapai 77% dan siklus II menjadi 92%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensias berbantuan media mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Pandeanlamper 04 pada Unit 1 Pancasila dalam Kehidupanku.

 

References

Arikunto, Suharsimi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Damanik, V., dkk (2022). Penerapan Model Pembelajaran Nht Menggunakan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Elastisitas. Jurnal Fisika dan Pembelajarannya (PHYDAGOGIC), 4(2).

Junaidi, J. 2019. Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal panajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-

Kasyadi, Y., Kresnadi, H., & Sugiyono. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengtahuan Alam Menggunakan Tipe Jigsaw Di Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8), 3.

Lestari, N. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Evolusi. Indonesian Journal of Education and Learning, 6(1), 11- 18.

Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1),1–13.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. 1st edn, PT Kharisma Putra Utama. 1st edn Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Availableat:https://books.google.co. id/books/about/Belajar_Pembelajar an.html?id=mKhADwAAQBAJ&prin tsec=frontcover&source=kp_read_b utton&redir_esc=y#v=onepage&q&=false.

Susanto, Ahmad. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2),80–94.

https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.3 9.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol. 12 No. 2.

Yunita , Lintang., & Mandasari, Nining. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Panthera : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains dan Terapan., 2(2), 75-93.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Restyana, E. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Mind Mapping Mata Pelajaran PPKn Kelas 5 SDN Pandean Lamper 04. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1944–1951. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5337

Issue

Section

Prosiding 2023