Meningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik dengan Mengintegrasikan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) di Kelas II Sekolah Dasar
Keywords:
Peningkatan, Membaca permulaan, Struktural Analitik SintetikAbstract
Peningkatan kemampuan membaca di kalangan peserta didik di sekolah dasar merupakan prioritas utama dalam dunia pendidikan. Namun, setiap anak memiliki kecepatan dan cara belajar yang berbeda-beda. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan membaca peserta didik di kelas 2 SDN Plamongansari 02 Semarang yang masih rendah. Berdasarkan identifikasi masalah tersebut maka tujuan penelitiaan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik SD Kelas II SDN Plamongansari 02 Semarang melalui implementasi metode SAS (Struktur Analitik Sintetik). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 (dua) siklus, Setiap siklus memiliki tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu menngunakan Teknik tes, observasi, dan dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas guru selama proses pembelajaran melalui penggunaan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) pada siklus I dengan skor 68,75% sedangkan pada siklus II meningkat dengan skor 93,75%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan skor 63,75% sedangkan pada siklus II meningkat dengan skor 92,5%. Hasil tes membaca pada siklus I yaitu 42,85% meningkat menjadi 82,14% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik.
References
Bua. Perbandingan Kemampuan Membaca Permulaan Antara Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Dengan Metode Global Berbantuan Media Gambar Di Kelas Ii Sdn 045 Tarakan. J Ilm Pendidik Guru Sekol Dasar. 2020;4(1):11– 24.
Darmiyati Zuchdi dan Budiasih, 2015. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Proyek Pengembangan PGSD Dirjen Dikti Depdikbud
H A. Efektivitas Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Bagi Peserta didik Kelas II MIN 22 Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh; 2018.
Kurniaman, O. & Noviana E. Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas I SDN 79 Pekanbaru. Prim J Pendidik Guru Sekol Dasar. 2017;5(2):149–57.
Lamb & Arnodl. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kela 1 SD Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Neger 101990 Bangun Purba Tahun Ajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).
Lisnawati, L., & Muthmainah, M. (2018). Efektivitas Metode Sas (Struktur Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner) Di Sdn Demangan. Jurnal Psikologi Integratif, 6(1), 81. Https://Doi.Org/10.14421/Jpsi.V6i1.1468
Muhyidin, A. (2019). Evaluasi Pembelajaran Membaca Permulaan Di Kelas Awal Sekolah Dasar. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019
Nurani, G. C. (2022). Penggunaan Metode Struktural, Analitik, Sintetik (SAS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan. 2(2)
Rachmatia Tauhid. (2022). Implementasi Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meninggkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 44 Halmahera Selatan. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7238960
Wardiyati H. Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Peserta didik Kelas Rendah. J Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran). 2019;3(5):1083–91.