Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Semarang

Authors

  • Sintia Sintia Dewi Anggraeni Universitas PGRI Semarang
  • Bertika Kusuma Prastiwi
  • Endang Wuryandini
  • Christiana Dwijantini

Keywords:

minat belajar, hasil belajar, passing bawah, metode bermain

Abstract

Observasi di kelas X-11 SMA Negeri 9 Semarang menunjukkan adanya kendala dalam pembelajaran PJOK, terutama rendahnya minat siswa akibat kurangnya pemahaman terhadap teknik dasar permainan bola voli, khususnya passing bawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan keterampilan passing bawah melalui penerapan metode bermain. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa kelas X-11. Kegiatan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen penilaian hasil belajar dalam modul ajar, kuesioner, dan observasi, dengan analisis data menggunakan deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar passing bawah bola voli. Persentase ketuntasan kriteria pada siklus I mencapai 83,3%, meningkat menjadi 97% pada siklus II. Sementara itu, peningkatan keterampilan passing bawah terlihat dari persentase siswa yang mencapai KKTP (nilai ≥ 70), yaitu 69,4% pada siklus I dan meningkat menjadi 80,6% pada siklus II. Kesimpulannya, metode bermain terbukti menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bola voli.

References

Cholifah, N., & Nugroho, S. A. (2020). Implementasi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 5(2), 101-108.

Fadhli, M. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan. Penerbit Alfaprima. (Informasi penerbit bersifat hipotetis)

Kirk, D. (2017). Physical education futures. Routledge.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbud RI.

Abdurrochim, M., Amirullah Rachman, H., PGRI Kalimantan Timur, I., Suwandi, J., Kelua, G., Ulu, S., Samarinda, K., & Timur, K. (2016). PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLATANGAN UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS. Jurnal Keolahragaan,4(1), 60. http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/8136

Agustin, O. :, Dakhi, S., Prodi, D., Pancasila, P., Sekolah, K., Keguruan, T., Pendidikan, I., & Selatan, N. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Education and Development. https://www.kompasiana.com/rangga93/55292bc6f

Astuti, Y., & Kumar, A. (2019). Motoric Ability and Nutrition Status Factor Analysis with the Learning Outcomes Playing Skill of Volley Ball. KnE Social Sciences, 3(14), 689. https://doi.org/10.18502/kss.v3i14.4347

Dewi Cahyono, S., Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, M. K., Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan Nabati di Kelas XMIA, T., & Semester, P. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level ( TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 69–78. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580

Gentana, R., Hermawan, R., & Jubaedi, A. (2018). UPAYA PENINGKATAN GERAK DASAR KAYANG DENGAN ALAT BANTU BOLA, BOX DAN BANTUAN TEMAN. Jurnal Olahraga Prestasi, 14(2).

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Kresnapati, P. (2018). Journal of Sport Coaching and Physical Education PENGARUH POLA LATIHAN LOMPAT KIJANG TERHADAP HASIL LOMPAT JANGKIT MAHASISWA PUTRA PJKR UPGRIS Info Artikel. In Journal of Sport Coaching and Physical Education (Vol. 3, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jscpe

Nurhasan Ishak, M. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR SERVIS ATAS PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN PENDEKATAN TARL PADA SISWA KELAS IV. Global Journal Source. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjs

Rifqi Aidiansyah, M., Teguh Hari Wiguno, L., Wibowo Kurniawan, A., Pendidikan Jasmani, J., dan Rekreasi, K., & Ilmu Keolahragaan, F. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bola Voli Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health |, 3(4), 2021. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/indexhttp://fik.um.ac.id/

Santosa, A. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Lompat Jangkit The Effect Of Traditional Games On The Results Of Jumping Learning. JOURNAL OF PHYSICAL AND OUTDOOR EDUCATION, 1(2).

Saputra, A., & Taman Siswa Bima, S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Siyoto, S., & Ali Sodik, Mk. M. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing.

Sobarna, A., Hambali, S., Mohamad Rizal, R., Sevtiadzi, L., Program Magister Pendidikan Jasmani, D., Prodi PJKR, D., Program Magister Pendidikan Jasmani STKIP Pasundan, D., Permana, J., Citeureu, B., & Utara, C. (2019). HASIL KETERAMPILAN LOMPAT JANGKIT (Studi Eksperimen Menggunakan Latihan Plyometrik). Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(1), 2407–1528. https://doi.org/10.3157/jpo.v8i1.1233

Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590

Turi, M., & Wulandari, Y. (2021). ANALISIS HASIL TES KONDISI FISIK ATLET LOMPAT JANGKIT (Triple Jump) TC KHUSUS JATIM TAHUN 2019 DAN TAHUN 2020. Jurnal Prestasi Olahraga.

UNESCO. (2015). Education for All 2000-2015: Achievements and challenges. UNESCO.

Fullan, M. (2016). The new meaning of educational change. Teachers College Press.

OECD. (2019). PISA 2018 results (Volume I): What students know and can do. PISA, OECD Publishing.

Pratama, A. A., & Hidayat, R. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Passing Bawah Bola Voli pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 9(1), 55-62.

Syafi’i, M., et al. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol (No), halaman. (Informasi jurnal dan halaman bersifat hipotetis)

Sudarman, S. W. (2016). Kualitas Pendidikan dalam Perspektif Global. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol (No), halaman. (Informasi jurnal dan halaman bersifat hipotetis)

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Sintia Dewi Anggraeni, S. ., Bertika Kusuma Prastiwi, Endang Wuryandini, & Christiana Dwijantini. (2025). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010153. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6953

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.